read more story

(Merangkai) Puzzle Kehidupan



Assalamu'alaikum. .
Enggak terasa yaa, sebentar lagi berganti tahun. Apa kabar 2019 mu kawan? 

Alhamdulillah. . Segala puji bagi Allah di tahun 2019 ini aku dapat banyak sekali pelajaran hidup. Beberapa hal aku dapatkan dari cerita teman - teman, workshop/seminar/kuliah online yang aku ikuti, refleksi atas hidupku sendiri, juga beberapa buku yang menambah sumber ilmu.

Adakah yang merasa bahwa peran diri ini masih terasa abu - abu? Tenang, kamu tidak sendiri. Akupun masih terus mencari dan menggali apa sebenarnya peran yang Allah titipkan  untukku.

Satu hal yang aku percayai bahwa semua kejadian yang dialami selama hidup itu bukanlah sesuatu yang kebetulan belaka. Pasti ada maksud & tujuan dibaliknya. Mungkin itulah yang namanya pesan cinta dari Sang Pencipta.

Dan sering kali kejadian demi kejadian yang kita alami itu seperti saling terkoneksi meskipun terjadi dalam ruang & rentang waktu yang amat sangat berbeda. Episode kehidupan.

Dan episode kehidupan itu seperti puzle. Meski saling terkait tapi baru bisa dipahami makna sebenarnya setelah semua bagian terangkai sempurna. Menjadi suatu gambar yg utuh.

Lalu siapa yang berhak atas gambar utuhnya? Tentu saja hanya Allah. Dia-lah yang berhak atas takdir kita. Dia-lah sutradara atas episode kehidupan kita.

Tugas kita sebagai hamba adalah menjalani dengan sebaik - baiknya setiap episode hidup. Serta berusaha mengolah pikir & rasa agar dapat merangkai satu per satu keping puzzle itu menjadi bagian yang utuh.

Juga tidak menyerah meski harus menemui masa sulit & episode yang seakan berantakan. Yakin bahwa apapun nanti gambar puzzle yang diberikan-Nya adalah yang terbaik.

Jadi jangan berlarut sedih yaa ketika sesuatu itu belum terlihat jelas. Nanti pasti akan ada tiba saatnya kita bisa memahami pesan cinta yang semestinya. Mungkin saat ini adalah kesempatan terbaik untuk memperbaiki diri. 

Semangat yaa!


Love, Nieta Firda

Comments