read more story

Operasi FAM (Fibroadenoma Mammae) alias Tumor Jinak Payudara


Update (November 2021)
Halo Teman - teman! Terimakasih sudah mampir ke blog ini. Btw banyak pertanyaan masuk ke aku terutama soal pasca operasi. Alhamdulillah sampai sekarang aku sehat & FAM-nya tidak numbuh lagi. Aku nggak ketat - ketat amat soal pola makan tapi sebisa mungkin masak sendiri dan mengurangi 4P (Pewarna, Pengawet, Perasa & Pemanis buatan).

Untuk bekas lukanya masih ada sampai sekarang itu karena dulu aku nggak rajin pakai cream penghilang luka sehabis luka kering. So aku sarankan banget pakai penghilang luka yaa supaya nggak berbekas, bikin nggak PD soalnya 😔. Produk yang aku pakai dulu Mederma (link tokonya klik disini) dan aku juga merekomendasikan Dermatix (link tokonya klik disini) karena aku riset produk ini juga bagus.

Semoga kita sehat - sehat semua yaa & nggak perlu operasi - operasian kalau bisa.. Thankyou ❤

xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx


Assalamu'alaikum. .

Lama tidak nge-blog kok tiba - tiba nulis tentang operasi?

Alhamdulillah, beberapa saat yang lalu saya menjalani operasi Tumor Jinak payudara atau FAM. Dari awal memang sudah berniat kalau sudah sembuh saya akan menuliskan pengalaman saya ini. Ayok yang merasa punya benjolan di payudara harus segera periksa ke dokter ya! Jangan seperti saya takut dan akhirnya operasi sewaktu ukuran tumor sudah besar.

Apa itu FAM?

Fibroadenoma Mammae adalah suatu benjolan tumor yang ada di payudara dengan ciri - ciri konsistensi padat dan dapat digerakkan. Dari keterangan dokter, FAM itu tidak berbahaya dan untuk solusinya bisa melalui operasi pengangkatan FAM dengan alasan estetika dan kenyamanan pasien.

Proses pemeriksaan FAM

Awalnya saya konsultasi ke dokter onkologi sesuai saran dokter kandungan (karena saya sedang program hamil). Kata dokter kandungan benjolan di payudara saya besar jadi harus cek ke dokter untuk memastikan apakah FAM atau bukan dan untuk mengambil jalan terbaik antara operasi dulu atau bisa ditunda setelah punya anak.

Proses pemeriksaan saya lakukan dengan Prof. DR. dr. Teguh Aryandono, Sp. B(K). Onc sesuai saran dokter kandungan di Klinik Prodia Khusus Onkologi Kotabaru Yogyakarta.

Diagnosa awal dokter adalah FAM sesuai dengan ciri - ciri yg bisa dirasa secara fisik. Lalu saya menjalani beberapa pemeriksaan berupa USG Mammae, Rontgen, cek darah dan cek EKG.

Setelah semua pemeriksaan selesai dilakukan hasil diagnosa adalah FAM sebanyak 1 buah. FAM dalam satu payudara bisa berjumlah banyak dan bisa juga berada di ketiak. Sewaktu USG saya bersyukur karena cuma ada 1 benjolan dan belum menyebar sampai ke ketiak. Menurut Prof Teguh benjolan harus segera diangkat karena ukuran sudah besar. Baiklah saya mantapkan diri untuk operasi karena memang sudah mengganggu dan bikin tidak nyaman. Siapa sih yang merasa nyaman ketika di payudara ada benjolan. Selain itu juga terasa risih dan berat karena ukuran benjolan sudah besar.

Bismillahirohmanirrohim. . Setelah berbagai pertimbangan akhrinya saya memutuskan untuk operasi di PKU Muhammadiyah Gamping, Yogyakarta dengan dr. H. R. Nurul Jaqin, Sp. B menggunakan asuransi BPJS.

Tanggal 19 Maret 2017 sekitar pukul 11.00 WIB saya datang ditemani suami tercinta untuk memeriksakan diri ke dokter Jaqin dengan membawa hasil tes yang sudah saya jalani.

👨‍⚕️: Mba ini FAM harus diangkat ya jangan dipelihara. Kemungkinan jadi ganas memang kecil tapi ini ukuran sudah besar baiknya diangkat saja.
🧕: Oiya dok! *deg - degan*
👨‍⚕️: Mau operasi kapan Mbak?
🧕: Secepatnya aja dok. .
👨‍⚕️: Kalau gitu sore ini setelah magrib Mbak. Diurus dulu kamar inapnya nanti saya bisa operasi sekitar jam 18.30 WIB.
🧕: Oiya siap dok. *syok*

Sebenernya agak syok sih bisa operasi hari itu juga sedangkan saya ke rumah sakit cuma bawa badan aja. Akhirnya ijin sama suami dan deal operasi hari itu juga. Lebih cepat lebih baik dan bisa secepatnya meneruskan program hamil.

Proses Operasi FAM

Sebelum operasi saya menjalani tes darah dan puasa selama 6 jam. Kalau tidak salah tes darah itu untuk cek kadar gula dan imun. Jika semuanya bagus maka operasi dapat dilaksanakan.

Siang sekitar pukul 13.00 saya sudah mendapatkan kamar inap kelas 1 sesuai kelas BPJS. Saya cuma tidur dan nonton TV sembari menunggu sore.

Nonton TV sembari menunggu waktu operasi

Sore hari selepas ashar saya dipasang slang infus oleh perawat dan ganti baju khusus operasi. Btw saya sendrian karena suami sedang pulang untuk memberi tahu Babeh dan Adek sekalian ambil persiapan buat nginep di rumah sakit.

Akhirnya setelah 27 tahun ini tangan kena infus juga hehe

Pukul 17.00 saya dibawa ke ruang operasi. Saya sih pengennya ditunda sebentar nunggu suami datang sebentar lagi tapi kata perawat enggak bisa. Yasudah saya cuma bertiga sama perawat ke ruang operasi kan nanti suami juga nyusul.

Pukul 17.30 saya diberi obat bius total dan dipandu untuk berdoa. Rasanya cuma ngantuk dan lama - lama makin berat dan tidak sadar. Pokoknya saya gak ingat apa - apa dan tau - tau saya sudah selelsai operasi.

Pukul 19.30 saya dibawa kembali ke kamar inap. Suami sudah nunggu di depan ruang operasi. Saya sadar denger suami ngobrol sama perawat tapi rasanya masih ngantuk jadi saya merem aja tidur. Hehe. .

Operasi FAM tidak menakutkan kok cuma karena ini pengalaman pertama saya masuk rumah sakit jadi ya lumayan dag dig dug. Btw Bapak dan Ibu saya juga nyusul dari Kebumen ke Jogja dan kami menginap berempat dirumah sakit. Padahal saya sudah pesan Bapak Ibu untuk tidak nyusul ke rumah sakit tapi mungkin mereka panik anak perempuannya ini operasi. Padahal saya enggak apa - apa. Saya juga pesan ke Babeh dan Adek serta temen - temen saya supaya gak panik dan usah nyusul ke rumah sakit. Alhamdulillah semuanya bisa mengerti dan saya jadi merasa tidak sakit karena diperlakukan layaknya orang normal.

Bekas operasi memang sedikit nyeri dan saya diberi antibiotik suntik yang diuji coba dulu di kulit apakah saya alergi atau tidak. Untuk ibadah sholat saya lakukan dengan duduk karena agak susah untuk melakukan sholat sedangkan slang infus masih terpasang. Untuk BAB dan BAK bisa saya lakukan normal di toilet dengan membawa serta slang infus. Btw saya dimarahi perawat karena sewaktu ke kamar mandi slang infus kurang tinggi posisinya dari tangan sehingga darah saya naik dan membuat slang infus tiba - tiba berubah menjadi merah. Haha..

Keesokan harinya sekitar pukul 11.00 saya diperbolehkan pulang. Alhamdulillah. . Btw sebelum saya operasi saya sudah berpesan ke suami untuk mengambil foto jaringan tumor. Dan ini dia jaringan tumor yang selama ini bersarang di tubuh saya. .

Jaringan tumor, foto by suami sesuai request saya

Foto terakhir sebelum pulang ke rumah.

Pasca Operasi dan Pemulihan

Seusai operasi luka jahit diperban dan saya tidak perlu mengganti perban setiap hari. Kata dokter biar gak ribet. Saya juga diberi obat antibiotik dan obat pereda nyeri. Antibiotik saya habiskan dan obat nyeri saya minum haya 2 hari saja karena sudah gak sakit. Ternyata operasi FAM tidak seseram yang dibayangkan kok. Saya setelah pulang ke rumah, malamnya saya langsung jalan - jalan sama suami dan besoknya lagi saya sudah bisa jogging dan bekerja seperti biasa. Oiya supaya payudara kenceng dan tidak banyak terkena goncangan dipasang elastis (semacam benting tapi dipasang di payudara).

Saya kontrol 2x yang pertama H+6 operasi dan H+12 operasi. Kontrol pertama luka hanya diganti perban dan dibersihkan. Kedua benang jahitan sudah bisa dilepas.

Alhamdulillah. . Akhirnya bebas juga. . Dan dari hasil laboratorium, benjolan di payudara saya dinyatakan jinak dan tidak berbahaya meskipun ukurannya besar (5,5x4,5x2,5cm). Alhamdulillah. .

Lembar jawaban pemeriksaan histopatologi jaringan tumor

Dokter memberikan saya penjelasan bahwa FAM itu hormonal jadi saya diberi beberapa pantangan FAM supaya FAM tidak tumbuh lagi. Pantangannya antara lain:
  1. KB apapun yang berhubungan dengan hormon
  2. Olahan soya berupa susu kedelai dan produk lainnya. Tempe dan tahu masih boleh dikonsumsi.
  3. Hindari ayam dan telor ayam negeri.

Perawatan bekas luka jahitan

Saya diberi resep gel pemudar luka jahitan namanya Mederma (link belinya klik disini) oleh dokter. Karena tidak tercover BPJS jadi saya tebus sendiri. Gel ini dioleskan ke luka bekas operasi sehari 3-4x. Memang keren gel ini baru beberapa hari sudah bikin luka bersih dari kulit dan darah yang kering. Tinggal ditunggu supaya bekas luka jahitan memudar.

Mederma gel pemudar bekas luka

Oiya luka bekas jahitan di payudara saya ada di sekitar areola jadi sedikit tersamarkan. Btw meskipun sedikit merubah bentuk payudara, kata dokter nanti lama kelamaan payudara akan menyesuaikan sendiri. Jadi gak perlu khawatir yaa PD kita jadi jelek setelah dioperasi. Namanya pemulihan pasti perlu waktu dan sabar saja ya. Ibarat kulit tadinya utuh dan diambil bagian yang ada di dalemnya pasti ada dekoknya sedikit tapi nanti lemak di kulit pasti akan menyesuaikan dan mengisi ruang yang dekok.

Berapa biaya operasi FAM 2017?

Untuk cek lab, USG Mammae, cek EKG dan Rontgen di Klinik Prodia Khusus Onkologi Kotabaru Yogyakarta saya habis sekitar Rp 2.000.000.

Untuk operasi FAM di PKU Muhammadiyah Gamping Yogyakarta dicover BPJS jadi saya tidak bayar sama sekali. Dari nota yang saya terima biaya operasi sekitar Rp 7.000.000.

Untuk obat dan perawatan pasca operasi juga dicover BPJS kecuali Mederma Gel penghilang bekas luka seharga Rp 227.000.

Nah untuk teman - teman yang punya benjolan di payudara jangan takut untuk periksa yaa. Tidak semua benjolan itu ganas tapi kita harus cek ke dokter untuk tau benjolan itu FAM atau tumor ganas. Mudah - mudahan teman - teman semua sehat selalu. Aamiin. . Doakan saya juga yaaa. Terimakasih sudah membaca tulisan saya yang panjang lebar ini 😊

Comments

  1. trimakasih atas cerita pengalamannya mbak, 3 minggu yang lalu saya juga baru periksa benjolan di payudara saya yang ternyata itu FAM, saya tinggal nunggu libur kuliah utk operasi, saya takut sekali mbak, seumur-umur belum pernah kena infus dan ini lgsng operasi, saya shock mbak, tapi setelah baca blok mbak saya jadi agak tenang mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Sari, salam kenal :). Iya mba sama kok saya pas OP juga pertama kali opname di rumah sakit. Alhamdulillah ternyata gak serem kok OP nya. H+1 saya udah bisa jalan2 dan aktifitas seperti biasa. Sehat selalu ya Mbak :)

      Delete
    2. Assalamualaikum mbak.. Ini saya mau tanya. Hasil operasi yg diambil itukan di lab apa biaya labnya tercover bpjs. Soalnya saya 2 hari yg lalu habis operasai fam jga tp hasilnya kalau mau dilab kan tdk tercover bpjs. Mohon penjelasannya. Trim

      Delete
    3. Wa'alaikumsalam. . Itu sih tergantung kebijakan masing2 rumah sakit. Kalau gak salah ingat saya gak bayar lagi buat lab fam nya. Kalopun bayar kayaknya enggak mahal kok gak sampe sejutaan.

      Delete
    4. Ukuran nya brp brp wkt it mba? Saya galau nih mau d operasi atau GK..

      Delete
    5. Hai kak, salam kenal. Aku fitri, barusan aku juga operasi FAM. Dan cukup shock ketika lihat bentuk payudraa yang delok dan tidak simetris. Kira-kira ada perawatan khusus? Dan makanan apa yg baik kita konsumsi agar tidak tumbuh lg benjolan di payudara kita. Terima kasih

      Delete
  2. Kak mau tanya pemeriksaan berupa USG Mammae, Rontgen, cek darah dan cek EKG itu langsung satu hari itu jg atau bagaimana? Hehhehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy jg kemarin habis operasi fam mba. Utk cek darah, usg, dan rontgen dilakukan di hari yg sama pd saat berkunjung ke poli bedah onkologi. Untuk hasilnya bs diambil besoknya ato jika mau menunggu hasil bs keluar 4-5 jam kemudian. Kalo sy diambil besoknya sekalian konsul ke poli anestesi. Setelah dr poli anestesi langsung dpt jadwal operasi. Sy sy cm perlu datang ke RS 2x. Hari pertama konsul ke poli bedah, cek darah, rontgen, dan usg. Hari ke-2 ambil hasil dan konsul ke poli anestesi dan menetapkan jadwal operasi, lalu hari ke-3 langsung operasi. Dan sy dpt jadwal operasi paling awal yaitu jam 6 pagi. Semua itu sy menggunakan fasilitas bpjs di RSAL Mintoharjo Jakarta Pusat dan tidak keluar uang sm sekali. Semoga bermanfaat

      Delete
  3. Kalau lepas jahitan itu dibius lagi nggak,mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak, untuk lepas jahitan tidak perlu bius lagi mbak. Dan gak sakit sama sekali Mba. Cuman kaya diambil benang aja yg masih nempel di kulit. Tapi ada jenis benang operasi yang tidak perlu dilepas juga mba, jadi lama - lama bisa nyatu sama kulit. Semoga jawaban saya membantu :)

      Delete
    2. Bpjs yg di mksd apa sm dg kis

      Delete
    3. Iya sama saja, hanya saja saya memakai yang berbayar Kak

      Delete
  4. Mba kan proses operasi di hari itu juga terus biaya di cover bpjs,untuk proses pengurusan bpjs itu sendiri gmna ya mba?
    Trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mba Lia, untuk urus BPJS tinggal ke kantor BPJS Kesehatan sesuai daerah mba. Syaratnya (saya agak lupa aa saja) bawa foto, fc rekening bank, fc KK, fc KTP nanti disana tinggal isi formulir aja. BPJS baru jadi setelah 14 hari dr tanggal urus mba.

      Delete
  5. assalamualaikum mbak,,,
    alhamdulillah mbak skrng udah sehat ya,,,
    skrng giliran aku yg mau OP FAM tapi punya ku kanan dan kiri,,
    kok aku sering lemes gt ya mbak trus juga bafan ku makain kurua padahal makan slalu teratur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Mbak sudah sehat dan selalu usaha buat jaga kesehatan biar gak sakit lagi.

      Ogitu ya mbak, coba cek gula darahnya mbak barangkali terlalu rendah dan efeknya jadi lemes. Mbak umur berapa?

      Semoga segera sehat ya mbak. Semangat :)

      Delete
  6. Mbak abis oprasi itu perbannya dilepas pas H+6 oprasi kan mbak? Ga perlu lepas sendiri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mba Niken, kalo lepas perban sama perawatnya Mba gak perlu lepas sendiri. Pas H+6 saya lepas dan ganti perban baru krna luka belum kering. Pas H+14 luka sudah kering dan bisa lepas perban dan jahitannya. Tapi beda2 Mba tingkat kesembuhan luka tiap orang. Ada yg cepet ada juga yg lambat kaya saya :)

      Delete
  7. Ass..
    Saya sudah menjalani USG, hasilnya FAM payudara kanan dan kiri besarnya seperti kelereng, dokter mnyarankan harus di operasi awalnya waktu dokter blg bgitu sy deg²an dan takut mnjalani operasi akhirnya aku tunda operasinya di pertengahan bulan ini,tp sy mmbaca blog mbak Alhamdulillah bisa yakinkan diri buat jalani operasi nanti,smoga kt selalu di beri kesehatan, Amin...

    ReplyDelete
  8. Wah saya seneng bgt bisa baca share mba ttg oprasi FAM, saya insyaAllah sabtu skr mo d oprasi FAM jg. skr lg dag dig dug nya ngebayangin ntar oprasi. sbenernya saya pernah ngalamin oprasi cesar 2x wktu lahiran, dan yg bkin dag dig dug tuh jstru pasca oprasi nya. khususnya setelah obat bius nya hilang, apa terasa ngilu n nyeri gt g mba? trus tu bener ga usah ganti perban tiap hari mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba. Semangat yaaa. Alhamdulillah saya h+1 udah bisa olahraha jalan cepet wlpn sambil tangan nyangga PD biar gak gerak2. Hehe. .

      Ngilu nyeri iya tapi masih bisa saya tahan sih Mba. Saya minum obat myeri cuman 1hri aja habis itu gak minum lagi.

      Kalo saya iya mba perbannya selama 2minggu cuma ganti 2x aja pas kontrol. Yg paling ganggu sih gak boleh mandi sempurna. Jadi yg dibasuh dr perut aja. Klo keramas ke salon 😄😄😄

      Delete
  9. Assalamualaikum Ka Nieta:) alhamdulillah terimakasih banyak atas supportnya melalui blog ini, insyaallah Rabu besok saya menjalani operasi benjolan payidara sebelah kanan yg diperkirakan sudah 24cm, deg degan pasti! Mikir kemana mana pun iya, tp stlh baca ini saya jd merasa sedikit lega insyaallah gada apa apa ya ka, doakan semoga hasilnya kemudian tumor ini tidak ganas, terimakasih, wassalamualaikum wr wb:))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam. . Iya sama2 Evika. Bismillah semoga lancar yaa operasinya. Banyak2 doa aja. Aamiin, kalau kata dokter saya sih benjolan asal itu teraba dan bisa mobile hampir bisa dipastikan jinak.Semangat ya :)

      Delete
    2. Haloo ka! Saya sudah menjalankan operasi rabu kemarin, alhamdulillah skrg sudah istirahat dirumah, tp masih deg degan nih sm hasilnya �� saya juga gabetah diem ka, saya udh mulai bergerak meskipun ga sampe keluar rumah,oiya utk makanan apa benar ka boleh makan yg berprotein? Kemarin saran dr dokter sih begitu, tp ibu saya takut kalau benjolannya bisa muncul lagi

      Delete
  10. Mbak, aku mau tanya dong. Aku kayaknya punya FAM dan ada rencana operasi tapi kendalanya sekarang di Jakarta sedangkan BPJS terdaftar di Jateng. Kira2 aku perlu cuti berapa hari ya buat operasi+pemulihan? Trus setelah operasi pakai bra khusus atau ada perlakuan khusus nggak? Dan setelah pemulihan aktivitas kerja keganggu nggak ya? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Jihan. . Aku saranin 2 minggu soalnya dr operasi sampe lepas jahit 12hari. Ada yg cepet cuma 7hri beda2 tergantung tingkat kesembuhan tubuh.

      Kalo bra pakai yg biasa sehari2 dipakai cuma dikasih semacam benting khusus tapi di payudara. Cuma biar gak gerak2 supaya lukanya cepet sembuh. Tapi aku gak tahan jadinya pake bra aja hehe.

      Klo aku sehari setelah operasi udah bisa jalan2 dan kerja kaya biasanya. Pd agak ngilu2 dikit tp bisa ditoleransi.

      Semoga membantu yaa :)

      Delete
    2. thanks mbaa
      tadinya agak ragu mau operasi soalnya rutinitas disini kan padat sama sering desak desakan haha
      bentingnya itu dipakai sendiri kan ya?
      setelah dioperasi kan dijahit+perban gitu. Nah pasca buka jahitan itu masih perlu bolak balik ke dokter juga nggak mbak buat ngecek?

      Delete
  11. Assalamualaikum mbak anita salam kenal...
    Mbak anita maaf mau ikut tanya pengalaman setelah operasi fam sekitar 2 bulan masih teras ngilu2 atau nyeri di tempat numbuhnya fam tidak? Sy operasi fam bln februari 2018, tapi sampai sekarang masih suka nyeri di tempat numbuhnya... Klo luka luar sudah sembuh total mbak anita cuma itu aja kadang ngilu di dalem.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam Fatmawati. .

      Beberapa bulan after op aku juga kadang suka ngilu2. Tapi skrg udah gak ngilu sama sekali. Mgkn syaraf2 di dalem pd masih tahap recovery, terasa ngilu2 soalnya PD salah satu bagian tubuh yg sensitif buat kita. Selama gak menimbulkan demam atau infeksi dibekas luka aman kok kata dokter saya :)

      Delete
  12. Mbak berapa hari rawat inap di rs nya kemarin pas op.
    Karna saya juga mau op fam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai ireni. . Aku cuman 1malam aja rawat inap. Masuk kamar sabtu jam 11 siang, besoknya hari minggu jam 12.00 saya udah balik ke rumah :)

      Delete
  13. Mba mau tanya kira2 berapa lama jeda waktu mba dari pas pertama kali tau ada benjolan sampe akhirnya operasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emmm. . Lumayan lama kak, saya sadar ada benjolan pas waktu kuliah dan baru OP setelah menikah. Mungkin ada 3-5 tahun.

      Delete
  14. Assalamualaikum mba anita ,salam kenal,sy juga habis op fam tgl 14 mei,tp ko sy masih agak demam n mual ya,
    Kmaren pas kontrol dokter cuma bilang gpp,mungkin efec samping dr obt pereda nyeri n anti biotik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam. . Salam kenal balik mba tanpa nama :D

      Oya kalo dokter bilang gak apa2 insyaAllah aman Mba. Reaksi obat tiap orang memang beda-beda. Mgkn karena puasa juga mba jadi efeknya lebih kerasa. Semoga segera pulih yaa. Jangan lupa jaga pola makan biar fam nya gak numbuh lagi :)

      Delete
  15. Malam kak.. sy juga ada benjolan di payudara kanan.. klobdiraba atau dipegang bentuknya sama dan berpindah pindah gitu.. maksutnya dia klo dipegang geser sana geser sini.. kadang nyeri.. kecil juga mb.. sekitar kelereng kecil .. pengen periksa tapi bingung mau mulai periksa dari mana dan bagaimna ? Mohon bisa share .. kebetulan sy juga orang jogja terinakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau periksa bisa ke dokter onkologi Mba. Saya ke Klinik Khusus Onkologi Kotabaru tapi kalo mau ke rumah sakit juga bisa nanti diarahkan ke dokter onkologi di RSnya. Don't panic mba insyaAllah kalau fam gak berbahaya :)

      Delete
    2. Periksa aja lgs sis,ke diktr spesialis bedah,lebih cpt lebih bagus

      Delete
  16. Hai, kak Anita. Aku pengen nanya dong. Pasca op apakah bentuk PDnya berubah? Perubahannya gimana sih? Dan untuk balik ke bentuk yg sama butuh berapa lama?
    Terima kasih kak:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Kak. . Pas awal iya berubah jadi ada yg kosong gitu tapi lama2 lemak di PD menyesuaikan bentuk dan kembali ke bentuk semula. Aku gak hafal persis sih berapa lama mungkin 1 atau 2 bulan kak :)

      Delete
  17. Mba mau nanya kalo op fam gt pasca op ribet ga sih urus diri sendiri kayak mau ke wc mandi dll soalnya aku pnya fam udh lama bgt 5thnan pgn segera op tp msh pnya anak umur 2thn takut ga bs ngurus hbs op secara cm tggal berdua dg suami,oya 7jt itu mba nginep di kelas brp ya aku rencana ga pake bpjs soalnya,trimaksih mba maaf panjang ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak Dian. .

      Enggak ribet sih Mba, saya H+1 pasca operasi udah bisa kerja sama jalan2 kaya biasa, bisa olahraga juga jogging tapi pelan sambil pegangin PD haha. Cuman jaga gerakan aja biar gak gerak2 sama pake korset khusus PD biar kenceng.


      Saya pake kelas 2 Mba, tapi mgkn biaya tiap RS beda2. Konsul aja dulu sama dokternya Mba.

      Saran saya sih OP di RS aja gak usah ke spesialis onkologi soalnya bisa 2x lipat apalagi klo ambil dokter yg udah profesor. Kata temen saya (dokter bedah) OP Fam itu ringan dan gampang jadi sayang duitnya klo pake spesialis :D

      Delete
  18. Hai kak Nieta, salam kenal ya..
    Pengen nanya ukuran (5,5x4,5x2,5cm) itu mksdnya apa kak?
    Mulai ukuran brp kah yang dokter sarankan harus di operasi?
    Trimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ukuran famnya Kak. Setelah selesai OP diukur.

      Wah klo itu saya kurang tau persisnya ukuran untuk melakukan tindakan op, coba tanyakan langsung ke dokter yaa.

      Delete
  19. Hai.. Kak mau tanya aku udh sebulan yg lalu abis oprasi fam , kalo mau pake mederma tpi bekas oprasi masih merah gitu boleh gk ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merahnya bekas doang apa masih luka? Aturannya sih yg penting jahitannya udah bener2 kering aja Kak.

      Delete
  20. Kak mau nanya, kalo sebelum di operasi itu dipasang selang pipis dulu gak? Apa cuma di infus? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuman infus aja kak. Klo mau ke toilet infusnya dibawa sendiri.

      Delete
  21. Abis dileps kan kayak item gitu kan kak bekas jaitnya, trus itemnya ngelupas jdi merah kayak daging baru gitu ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak boleh dikasih itu dah kering namanya. Nanti lama2 jadi item yg merah itu hehe

      Delete
  22. Assalamualaikum
    Kak ini mau tanyak iya..
    Ini knp iya kak udah sebulan belum kering juga jahitan bekas operasi fam..salep yg dipake mbak itu cepet memudar kan luka iya mbk.. Sebab beda salep nya yg aku dapat dari dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam Kak. .

      Coba konsul ke dokter aja kak. Emang tingkat kesembuhan orang - orang beda - beda. Tapi kalau udah sebulan belum kerig juga coba cek lagi aja.

      Iya betul mederma itu buat menyamarkan bekas luka dan dipakai kalau lukanya udah kering. Selama luka belum kering gak dikasih apa - apa kak, cuma diperban supaya gak kegores baju.

      Delete
  23. Halo mba salam kenal. Tulisannya membantu banget mba . Aku juga blm lama ini di diagnosa ke fam. Aku awalnya takut tp dokter2nya baik dan selalu kasih semangat. Apalagi setelah baca tulisan mba, kalau OP fam itu ga serem . Jadinya aku lebih tenang hehe. Semoga saya bisa lekas sehat spt mba dll, biar bisa aktivitas spt sediakala. Aminnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Kak. Semoga segera pulih dan sehat2 yaa. Aamiin. .

      Delete
  24. assalamualaikum.. kak mau tanya.. setelah kakak menjalani operasi, apa kaka saat ini sudah dikaruniai momongan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam. . FAM itu gak ada hubungannya dengan kesuburan kak. Saa ini belum punya anak tp bukan karena saya operasi.

      Delete
  25. Hello Mba Nita, salam kenal dr Bali, duh pas banget nemu blog ini. Saya juga menderita FAM dengan diameter 1,8 cm, tadinya agak galau maw diangkat atw biopsi. Tapi mikir lagi klo biopsi kan 2x kerja ya trs klo didiemin terus meskipun judulnya jinak tap mana taw di dalem bs jd gmn.
    Thank tulisannya mba, sy jd mantap utk dioperasi saja. Oiya, cuma satu ya mba? di saya ditemukan 4, 3 lainnya kecil kecil less than 0.5cm sih dan dokter bilang bisa sembuh dengan obat dan hidup sehat.
    Minta doanya ya mbaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mbak Tresna. .

      Semoga sehat2 ya mbak. Kalau ada benjolan kata dokter jangan dipelihara hehe.

      Iya saya juga habis op berusaha hidup sehat dan rajin olahraga. Alhamdulillah enggak numbuh lagi. Jangan sampai lah cukup 1x aja.

      Delete
  26. Hallo mbk nita... Sya jga punya fam di pd kiri dan kanan.. Tp sya lg program hamill.. Dn boleh gk ya kalo misalnya hamil di oprasi fam.. Apa harus tunda promil dulu..
    Aq nanya ke bidan katanya suruh kb dlu kalo mau pokus penyembuhan pam. Tapi saya nanya lg ke dokter bedah di rs katanya lg hamil juga boleh di oprasi.. Duh saya jd bingung.. Siapa tau ada yg mau brbagi infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak tanpa nama. .

      Kalo kata dokter spog saya gak operasi enggak apa2. Tapi klo kata dokter bedah saya operasi dlu baru lanjut promil. Kalo lagi hamil kayaknya enggak bisa operasi mbak soalnya kan dikasih bius total, antibiotik dan obat2an. Apa enggak bahaya buat janin.

      Soalnya pas memutuskan operasi, dr spog saya pesan nunggu bener2 sembuh baru lanjut promil.

      Begitu. . Coba cari2 dokter lainnya mbak buat pertimbangan.

      Delete
    2. Maksudnya enggak operasi enggak apa2 itu kata dokter spog famnya enggak perlu di operasi. Bisa sembuh sendiri setelah punya anak. Tapi karena fam saya udah lama dan ukurannya gede jadinya saya putuskn operasi.

      Delete
  27. Salam kenal mb nita .Mbak aku nge dm mbak lewat instagram. Mohon dibalas ya mbak

    ReplyDelete
  28. Mba mau nanya, di pd aku bagian puting kalo di teken kaya ada yang keras gitu. Apa itu fam ya? Tapi ga sakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk tau itu fam atau bukan harus cek ke dokter secara fisik dan lab kak. Lebih baik tanya dokter aja ya kak untuk memastikan :)

      Delete
  29. wah gede ya mb famnya?
    aq kemarin udah periksa di rs onkologi surabaya, awalnya yang aq kira cuma 2 biji malah jadi enam , huhuhu
    aq periksa ke dokter wiwin, aq info sedang menyusui tapi sudah lebih 2 th, jadi yg awalnya benjolan sekelereng sekarang setelah 2 tahun jadi sebesar 2,8cm
    sama dokternya d suruh tunggu 6 bln masa menyapih, alias ga boleh menyusui lagi, tapi krn takut jadinya cari opsi lain....
    masing2 yang paling besar waktu di usg kisaran 2.8cm, sisanya dibawah 2cm
    ada kenalan dokter temen d luar kota tapi pertimbangan mau pake bpjs atau pakai dokter yg d luar kota jadi galau...
    btw kalau bpjs bisa di upgrade kamar ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak. . Mudah2an segera dapat solusi terbaiknya ya Mbak. Untuk pakai BPJS bisa upgrade kamar tapi saya rasa enggak efisien soalnya cuman nginap 1 malam aja Mbak.

      Delete
    2. Mba, mau tanya kalo baru sesudah operasi FAM boleh makan dan minum tidak?

      Delete
    3. Nunggu buang angin dulu baru boleh minum dan makan kak. Nggak tau sih korelasinya apa :D

      Delete
  30. PD aku ada benjolan dr 2,5 tahun yg lalu dan aku baru beraniin diri utk priksa.
    Dan hasil usg kemarin hasilnya PD kanan dan kiri ada FAM.
    Aku awam bgt sm apa itu FAM.
    Dokter nyuruh aku searching, dan ternyata banyak jenisnya.
    Dokter gak bilang ini aku FAM jenis apa,cuma nyaranin utk di angkat aja.
    Aku dag dig gak karuan tp setelah baca postingan kaka alhamdulillah sedikit lega.
    Jd brani utk operasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Kak. Semoga sehat selalu yaaaa :)

      Delete
  31. Kira-kira pasca operasi bsa bwa motor ga ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget Kak asal pas lg di polisi tidur ati2 biar nggak goncang. Saya h+1 op malah udah olahraga jalan cepet tp sambil pegangin PD biar nggak gerak2 :D

      Delete
  32. Kaa mau tnya, aku juga besok udh mau operasi fam, setelah operasi kira2 bentuk bekas jaitan luka operasinya bener2 bisa tersamarkan gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kak, di aku nggak kak soalnya nggak rajin ngrawat bekas lukanya. Klo rajin pake krim misal mederma klaimnya bisa menyamarkan. Terus ada juga yg pakai suntik buat alusin bekas lukanya.

      Delete
  33. Kak mw tanya, aq jg tgl 15 bsk mw oprasi FAM,itu bekas jaitanny dsebelah mn ya kak? Kan aq ad benjolanny disebelah kanan bawah, nah itu kira" d robek dilokasi benjolan itu atau gmn kak? Aq agak takut kak..🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kak, kalo itu yg tau dokternya. Pas aku tanya soal jahitan, sama dokter dijelasin dan digambarin nanti yg dirobek sebelah mana bekasnya kira2 seberapa dll. Coba ditanyain ke dokter bedahnya ya kak :)

      Delete
  34. Hi kk Anita,aku jg mau berbagi di blog kk,aku jg hbs Op Fam tgl 16/2-2019 msk inap rmh skt jam 12 dan mulai puasa jam 19.00 aku msk ruang OP dan jam 9 mlmnya saya dibwa kembali ke kmr inap,benjolan di payudara saya mengetahui sjk 2017 tp bru ada kesmpatan untuk melakukan oprsi,hri ini saya kontrol ulang,dan ganti verban,kadang ngilu dan nyeri tp cuma kadang,dan kadang gatal skitar verbannya,dan hslnya udh blh diambil tgl 25/2 nanti,doain ya semoga hasilnya tidak apa2👏😇oh iya kak Anita apakah deg deg kan gk seblm hslnya kluar? Aku deg deg ka n saat ini takut hslnya
    Oh iya buat cwek yg memiliki benjolan jgn takut di operasi diangkat aja klo ada benjolan seblm terlmbt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana hasilnya kak? Udah diambil belum hasilnya? Semoga baik2 yaaa. Thankyou for sharing ❤

      Delete
  35. Kak mau tanya kalau cek usgnya di klinik onkologi kotabaru, nah oprasinya bisa di RS lain gak ya? Gak harus di kliniknya gt mksdku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak aku cek di onkologi kotabaru tp op di rs muh. Gamping. Bebas aja kan pilihan pasien kak.

      Delete
  36. Kaa aku juga tanggal 11 ini mau op dari sekarang degdegan bgt sampe kadang kpikiran stres sndr🙁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Kak gimana sekarang kondisinya? Udah lega kan klo udah operasi. Habis ini tinggal jaga pola makan dan pola hidup biar famnya nggak numbuh lagi :)

      Delete
  37. Ka aku juga abis oprasi FAM juga trs perbannya di ganti sendiri atau pas kontrol ka? Mks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku diganti pas kontrol sama perawatnya kak, jadi selama beberpa hari itu aku mandi cuman perut sampe kaki, yg atas aku pakein kain soalnya nggak boleh basah dulu. Kalo keramas ke salon jadinya :D

      Delete
  38. Mba,ini bru nemuin blognya...mau tanya benjolannya itu keras ga? Punya sy ada benjolan kecil tp slama ini ga sakit eh ini dr jumat kok benjolan makin gede n sakit bengkak gtu..
    Jd makin parno😭😭, punya mba ada sakit nyeri2 ga? Thanks sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keras tapi kenyal gitu Mbak seperti bakso. Kalo nyeri mungkin pas Mbak lagi PMS kah? PD saya nyeri pas PMS aja, kalo benjolannya nggak bikin nyeri sih Mbak. Mungkin bisa konsul ke dokter aja Mbak drpd was - was.

      Delete
  39. Aslmkm...Tulisan mb hebat menjadi inspirasi dan obat penenang buat jutaan perempuan yg membacanya...jgn lelah menjawab dan menulis ya mb...semoga ini menjadi amal ibadah mb..aamiinn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam. . Terimakasih semangatnya Mbak. Aamiin doanya :)

      Delete
  40. Assalamu.alaikum mbk anita.klu q mau op fam yg ke2 pdhl br sbln op fam.tp q gnti dokter trz q dtnyai hal lab op ke1.q jwb g dikch tau.dan ckrng mch mnggu kmr bt op ke2..apa hsil lab itu prlu bgt yh mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam Mbak. . Iya kak hasil lab operasi itu penting soalnya buat tau itu beneran benjolan fam atau ada indikasi ke penyakit lain.

      Delete
  41. Haaii Anita.. tulisannya sangat bermanfaat bgt buat yglagi cari" tau seputaran Penyakit FAM.. aku juga punya fam di PD kiri ukurannya 1,8cm.. insya allah hari rabu akan operasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake bpjs ga kak? mohon dikasih tau dong harga non bpjs nyaa...

      Delete
  42. aku jg umur 17 udh ada fam :( disuruh minum obat byeri+bengkak selama seminggu dan 8 hari setelah selesai haid baru usg :( deg2an kalo beneran nnti operasii :(

    ReplyDelete
  43. Mohon info hrga operasi fam non bpjs 2019 dong yg baru2 ini operasi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf kurang tau kak, mungkin langsung tanya ke dokter atau rumah sakit yg mau buat operasi ya Kak 😊

      Delete
  44. Mba,apa harus pakai keteter operasi FAM? apa boleh gak harus dipasang keteter? Mkasih mba

    ReplyDelete
  45. Hai mbak Nieta, terima kasih sudah sharing pengalamannya, bermanfaat bgt buat saya yang baru juga punya FAM di sebelah kanan dengan kondisi yang sama baru nikah dan belum punya anak. Dari tulisan ini saya jadi berpikir buat ngurus BPJS di Jogja dan operasi di tempat yang sama kaya mbak. Kebetulan saya 5 tahun di Jogja dan Bapak asalnya Jogja jd sering bulak balik sana. Saya skrg lagi kuliah di Bogor, ngeliat hiruk pikuk di sini jadi khawatir kalau OP pakai BPJS di RS sini ngga setenang kaya pengalaman mbak. Semoga kita selalu dikasih kesehatan. Thanks sekali lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak. Iya mbak alhamdulillah di Jogja "lebih ramah" dalam segalam hal termasuk pelayanan kesehatan. Aamiin doanya, sehat - sehat ya Mbak 😊

      Delete
  46. Assalamualaikum mbaanita, thanks for sharing. Aku udh 11 bln nikah di bulan ke 6 ngerasa ada benjolan juga di PD kanan, kadang nyeri kalau kesentuh, tp kalau dipegang dia garisnya tegas cuma kyknya ga kyk bs pindah kalau ditekan, kata dokter umum itu fam,dikasih suplemen vit B&C, agak mendingan, trus msh pngen mastiin ke dokter bedah, eh udah ilang. Trus dibulan ke 10pernikahan,ada lg di PD kiri, trus dikasih suplemen lagi, trus ilang lagi. Nah pengen tau dr sisi mba Anita, dlu cirin2nya gimana mba sampai memutuskan untuk dioperasi saja? Sharing ya mb,thanks banyak 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam Kak maaf baru balas. Kalau FAM saya makin lama makin besar, cuma 1 tapi membesar. Takut aja kalo kenapa - kenapa akhirnya memtuskan di ambil aja. Dan benjolannya itu kerasa banget bisa diraba gitu. Kalo misal cuma kecil dan sudah hilang alhamdulillah itu kak, nggak perlu sampe operasi.

      Delete
  47. Assalamualaikum mba. Alhamdulillah seminggu yang lalu juga saya baru selesai operasi benjolan di payudara sebelah kiri saya, tapi tadi ganti perban kok masih keluar darah gitu ya, dan diharuskan banyak2 istirahat aja karena saya juga hawatir luka nya ga kering-kering kalo banyak gerak hehe. Waktu mba masih keluar darah dr luka ga? Atau menggunakan obat herbal atau obat pengering luka agar luka nya cepet kering? Soalnya obat dr dokter cm di kasih pereda nyeri dan antibiotik aja. Saya juga lagi was was nih mba kemarin perawatan nya ada yg bilang cm di biopsi ada yg bilang di angkat semua benjolan nya. Dokter si cm bilang operasi aja . Trauma masuk ruang operasi 😂

    ReplyDelete
  48. Tgl 12 ini rencananya saya operasi FAM.Besarnya seperti kelereng kecil.Waktu itu cuma diperiksa fisik sama spesialis bedah dan disarankan operasi.Apa tidak harus Mammogram ya?.Apa tidak harus periksa dg spesialis bedah onkologi?.Terus kata dokter tidak akan ninggalin bekas krn disayatnya d puting.Hal itu buat saya stress karena thn depan mau menikah.Apa operasinya bius lokal atau total?.Terima kasih ya mba atas sharingnya.Baca blog mba menjadi kekuatan tersendiri buat saya utk tetap semangat.Terima kasih 🤗

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak, maaf baru balas. Mamogram itu setau saya buat cancer, kalo fam kan teraba. Saya pas periksa ke dokter onkologi kok, cuma operasi aja sama dokter bedah. Kalo operasi fam di bius total Mbak. Sama - sama Mbak, terimakasih sudah baca. Sekarang sudah operasi yaa?

      Delete
  49. Pengalaman
    Aku jga punya penyakit tumor jinak d payudara
    Alhamdulillah udh d angkat setelah operasi bener" gak sakit kok...

    Salam kenal ya kak
    Saya intan dari gresik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai salam kenal Intan. Iya setuju banget operasi tumor payudara nggak semengerikan yang di bayangkan. Semoga habis ini kita sehat - sehat tanpa perlu operasi lagi yaa. Aamiin..

      Delete
  50. Assalamualaikum mbak Anita. Alhamdulillah saya juga sebulan lalu operasi FAM. Mbak, katanya fam bisa tumbuh lagi ya? Aku kadang deg-degan sendiri. Lalu, kondisinya mbak Anita pasca beberapa tahun operasi gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam Mbak.. Alhamdulillah pasca operasi sampai saat ini nggak numbuh lagi. Jangan sampai lah kalau bisa huhu. Iya dokter juga bilang begitu kalau kita tidak jaga pola makan & pola hidup bisa numbuh lagi.

      Delete
  51. Mbak di kasih tau hasil lab tumor nya itu setelah berapa hari operasi..saya 5 hari yg lalu baru selesai op fam jg..tadi kontrol,kata dokter hasil lab nya belum keluar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak.. Saya oeprasi tanggal 19 dan 2 hari kemudian tanggal 21 sudah keluar hasil labnya Mbak. Tapi saya ambil seminggu kemudian karena sekalian chek up waktu itu. Memang butuh waktu buat analisisnya Mbak. Ditunggu aja mudah - mudahan segera keluar hasilnya.

      Delete
  52. Aku mah udah 3x mbak operasi FAM begini. Dari yg paling pertama takut banget sampe akhirnya udah B (Biasa) aja, hahahaha...jangan ditiru ya, jelek banget ini pola hidupku sampe bisa kena FAM 3x :) Kutulis pengalaman operasi FAM itu di blogku juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampun Mbak nggak kebayang bekas lukanya 😶. Semoga cukup 3x aja ya Mbak. Oiya nanti aku baca juga sharing soal FAMnya. Terimakasih

      Delete
  53. mbak mau nanya nih, untuk benjolannya itu diluar apa didalam ya? karena saya merasa kaya ada benjolan tapi didalam PD, jadi kalo dari luar gak keliatan.. udah was was, takut kalo tiba tiba diagnosanya juga FAM

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di dalam Mbak tapi bisa terasa bulatannya saat diraba secara fisik. Priksa aja Mbak drpd was - was & jadi mikir kemana - mana. Mudah - mudahan sehat & baik - baik saja 😊

      Delete
  54. Halo mbak,2 minggu lalu saya operasi fam. Pasca operasi ada keluhan payudara terasa kencang,keram,dan nyut nyutan. Itu kenapa ya mbak bahaya atau nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Gita.. Saya tidak tau persis jawabannya Mbak. Bisa jadi itu efek dari operasi tetapi kalau Mbak ragu - ragu bisa ditanyakan ke dokter saat kontrol ya Mbak. Terima kasih sudah berkunjung di blog saya 😊.

      Delete
  55. haloo kak, mau nanya ukuran robekan jahitan kakak berapa cm? pas ngelepasin jahitannya sakit ga kak? soalnya takut operasi karna persoal jahitannya doang :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kak.. Sekitar 5cm Kak jahitannya karena ukuran famnya aku cukup gede. Pas dilepasin enggak kerasa Kak, biasa aja ngilu dikit.. Saranku habis lepas jahit pake penghilang bekas luka yang rajin biar nggak berbekas jadi keloid kaya punyaku. Semangat ya Kak, semoga sehat selalu ☺️

      Delete
  56. Assalamualaikum. Salam kenal ka.
    Senin Kemrin tgl 16 08 2021 saya juga jalani operasi Pam mammae.. alhamdulillah biayanya di tnggung BPJS. Oh iy ukurn tumor say sekitar 5 cm dan sekrng hasilnya belm saya tau ganas apa jinak. Krna tumornya skrng semntr pemeriksaan Lab. Ka mau nanya apa bisa setelah oprasi pam mammae kita bisa bekrja mengangkat berat2 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumsalam.. Wahh alhamdulillah ya Kak operasinya bisa dicover BPJS. Semoga sehat2 yaa.. Setelah operasi saya aktifitas biasa aja nggak ada pantangan cuma memang dipasang korset PD supaya nggak sakit kalo buat jalan, naik motor dll. Mungkin kalo angkat berat jangan dulu Kak takut nyeri.. Kalo kurang yakin bisa tanyakan dokter aja ya Kak :)

      Delete
  57. Assalamualaikum kak mau tanya dong. Semoga dijawab. Aku butuh saran juga dari mbak. Aku juga kena fam kak. Waktu periksa ke bidan itu dikasih rujukan untuk ke RS. Kemarin aku kerumah sakit dan di tes di patologi anatomi. Hasilnya fam. Terus kemarin kan belum ketemu dokternya soalnya sibuk jadi disuruh ke rumah sakit hati Jumat. Terus aku Konsul dulu ke bidan yg aku periksa pertama kali. Katanya dioperasi aja mbk gitu. Aku disuruh langsung oprasi aja tapi ditempat berbeda pakai BPJS. Tapi aku masih takut. Apa gpp kak gak pakek tes darah, rekam jantung dulu? Apa gimana kak? Aku bingung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam Kak.. Gpp Kak.. Nanti sebelum operasi bakalan di screening kondisi kita kok kak. Misalnya tidak memungkinkan yaa ditunda dulu.. Tapi operasi FAM itu operasi kecil atau bedah ringan Kak jadi nggak perlu khawatir 😊. Semoga sehat selalu yaaa.. Terima kasih sudah mampir di blog saya..

      Delete
  58. Halo mbk saya juga habis operasi FAM 10 hari yg lalu, bekas luka operasi saya sih keliatannya udah kering mbk tapi kenapa dihri ke 8-sekarang saya mulai keluar rumah dan melakukan aktifitas biasa bekas operasi saya rasanya malah jadi nyeri ya mbk? Apakah seperti itu ada kemungkinan luka nya melebar karena PD bergoncang" saat aktifitas? Lalu apakah mbk Anita ada saran? O iya mbk umur saya 22 tahun saat saya melakukan operasi ini mbk. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.. Sebaiknya tidak melakukan aktifitas berat dulu selama masa pemulihan sampai bekas operasinya benar - benar sembuh. Kalau saya dulu pakai semacam kemben untuk mengencangkan PD jadi nggak goyang2 sewaktu dipakai aktifitas. Mungkin bisa konsul ke dokter kalau dirasa perlu yaa Kak..

      Delete
  59. Halo kak saya mau tnya utk operasi fam itu yg diangkat hnya benjolanya ato diangkat sama payudaranya ya mba?
    Saya jg ada benjolan tp takitklo operasi jadinya diangkat sepayudaranya
    Mohon dijwab ya mba
    Trimkaasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kak, terimakasih sudah mampir blog saya.. Saya yang diangkat hanya benjolannya saja Kak.. Kok bisa diangkat semua Kak? Apakah memang ukurannya yang besar sekali atau bagaimana? Setahu saya jika FAM ua hanya benjolannya saja.

      Delete
  60. Halo kak mau tanya aku ada benjolanny di PD kiri dan kanan apakah kalau di operasi sekalian kedua payudaranya atau satu satu ya?

    ReplyDelete
  61. Kak,aku 2 Minggu lalu habis op fam juga.
    Kontrol sudah selesai karena jahitan sudah kering.
    Tapi aku haid seminggu yg lalu aku raba PD aku kok rasanya ada benjolan lagi ya. Tapi kadang diraba hilang,ada hilang begitu.
    Saya jadi bingung mba,gimana baiknya takut kalau op lagi soalnya udah op satu kali kanan kiri semua

    ReplyDelete
Post a Comment