read more story

Sharing Pengalaman Melakukan HSG di Hi-Lab Yogyakarta 2018



Assalamu'alaikum teman - teman apa kabar? 
(Tulisan ini telah diupdate tanggal 27 Agustus 2020)

Bulan Februari  tahun 2018 lalu saya melakukan HSG. Alasan utamanya karena sudah menjalankan program hamil selama setahun penuh secara medis tetapi belum juga berhasil hamil. Dokter SPOG kesayangan saya juga heran karena saya ini normal kok belum berhasil juga. 

Selepas konsultasi, saya dibekali 1 lembar surat rujukan HSG (di Hi-Lab) yang dijadwalkan 8 hari Awalnya pasti khawatir karena baca pengalaman orang lain  katanya HSG itu sakit tapi tetap memberanikan diri daripada terus - terusan was - was dengan kondisi kesehatan reproduksi. 

Sedikit hal tentang HSG

HSG (histerosalpingograpi) adalah pemeriksaan rahim dan saluran tuba falopi dengan sinar X memakai cairan kontras yang dimasukan ke dalam rongga rahim dan saluran indung telur (tuba). HSG bertujuan untuk melihat apakah ada sumbatan di saluran indung telur. Biasanya perempuan yang memiliki sumbatan di indung telur mengalami keluhan sulit hamil karena sperma tidak dapat bertemu dengan sel telur.

HSG menggunakan alat bantu spekulum. Speculum berfungsi untuk memperlebar dan melihat mulut rahim. Ada juga kateter sebagai perantara untuk memasukan cairan kontras ke dalam mulut rahim. 

Selama HSG di Hi-Lab saya tidak sempat foto alat dan lain - lain karena sudah mules duluan dan mungkin juga tidak diijinkan. Kurang lebih alat dan ilutrasi pemeriksaan HSG seperti ini: 


Untuk biaya HSG di Hi-Lab Yogyakarta (dekat stadion Kridosono, Kotabaru) sebesar Rp 800.000 (Februari 2018). Mungkin akan berbeda ditempat lain. 


Alasan akhirnya melakukan HSG

Dokter Spog saya bilang kalau secara medis, untuk terjadi kehamilan itu ada 3 syarat, pertama sel telur yang matang, saluran tuba patent (tidak buntu) dan kualitas sperma bagus. Saya sendiri sudah melaksanakan cek sel telur dan sudah dinyatakan bagus. Begitu juga dengan suami sudah cek sperma dan mengkonsumsi vitamin sesuai anjuran dokter. Karena sudah program hamil selama 1 tahun dan belum berhasil juga saya jadi penasaran. Jangan - jangan saluran tuba saya buntu? Maka dari itu saya memutuskan melakukan pemeriksaan HSG.

Sebelum HSG ada beberapa syarat untuk mencukur seluruh rambut kemaluan. Jadi kan sewaktu HSG kemaluan kita dimasukan alat khusus, nah dari pada rambut kemaluan ketarik dan sakit maka disarankan untuk dipotong habis. Oiya saya juga diminta untuk "puasa" dulu dengan suami.

Pemeriksaan HSG ternyata tidak menakutkan seperti yang dibayangkan!

Saya masuk ke dalam ruangan khusus lalu diminta untuk ganti baju. Setelah itu sampai pada bagian utama yaitu memasukan cairan kontras ke dalam rongga rahim seperti gambar ilustrasi di atas. Saya diminta untuk tarik nafas dalam - dalam sewaktu dimasukan cairan kontras karena akan ada sensasi mulas. Banyak - banyak dzikir aja soalnya pas bagian ini bener - bener mulesnya gak tahan :(.

Setelah itu dokter meminta saya untuk posisi tidur terlentang seperti tiduran biasa dan diminta untuk tidak bergerak selama beberapa menit untuk proses foto sinar X. Setelah itu saya diminta untuk posisi tidur miring ke kiri dan kanan secara bergantian. Begitu juga seperti di awal, saya tidak boleh bergerak selama proses pengambilan foto dari sisi kanan dan kiri.

Total proses HSG selama 30 menit. Setelah selesai saya diminta ke kamar mandi untuk ganti baju dan diberi pembalut. Saya pikir buat apa kok dikasih pembalut? Oh ternyata setelah HSG akan keluar darah sedikit seperti flek menstruasi. Setelah selesai sih saya lega apalagi sewaktu saya ke kamar mandi dan terasa seperti ada cairan yang keluar. Mungkin itu cairan kontras yang keluar dan seketika rasa mulasnya turun menjadi tidak begitu sakit.


Menurut saya sakit tapi masih bisa ditoleransi. Efek samping tes HSG tentu akan berbeda - beda tiap orang. Menurut saya sakit belum tentu menurut yang lain sakit. Sakitnya itu seperti mules saat menstruasi tetapi 2x lipat sakitnya. Reaksi setelah HSG berupa perut mulas saya rasakan sampai 2 hari setelah HSG. Meskipun sakit dan mules saya masih bisa beraktifitas seperti biasa dan tidak sampai menyebabkan pingsan ataupun harus tiduran total. Oiya selama HSG tidak dibius, jadi kita masih sadar dan merasakan sensasi mulas - mulas asik. Hehe. .


Hasil dan Foto Pemeriksaan HSG 

Hasil baru bisa diterima sehari setelah pelaksaan HSG. Alhamdulillah hasilnya cavum uteri normal dan kedua tuba patent. Artinya saluran tuba saya normal dan tidak ada sumbatan.
 


Nah untuk teman - teman yang masih takut untuk HSG semoga sekarang sudah tidak takut lagi ya. Kalau saya pribadi sih dari pada cemas tidak karuan dan menerka-nerka kenapa belum juga hamil, lebih baik memilih untuk rajin konsultasi ke dokter.

Melawan rasa takut menerima kenyataan jika kita memiliki kekurangan memang tidak nyaman, tetapi kita akan lebih tenang karena tau akar masalah dan solusi apa yang harus dilaksanakan. Meski hasilnya buruk sekalipun, kita akan tau langkah apa yang harus kita lakukan selanjutnya.

Sekian cerita pengalaman HSG saya, semoga bermanfaat. 


Love,
Nieta.

Comments

  1. Waah bacanya aja bikin linu mba.. tp alhamdulillah ya hasilnya bagus. Tinggal tunggu waktu yg tepat aja dari Allah. Tetap semangaaaaat!

    Aku juga baru mulai promil lagi, tapi belum ke dokter. Dan artikel ini berguna banget. Jadi referensi kl sewaktu-waktu mau cek HSG

    Btw, promilnya sama dokter siapa mba? Dokter enny kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Rizki. Hehe iyaa tapi aslinya gak sesakit itu kok.

      InsyaAllah mba, yg penting tetep bahagia walaupun nunggu buat dikasih anak2 yg lucu2 sama Allah :)

      Iya mba aku sama dokter enny, kalo suamiku juga promil sama dr dicky spesialis andrologi. Pengen ganti dokter tapi aku males mengulang proses dari awal lagi hehe

      Semangat juga ya mba, insyaAllah semuanya yg terbaik :)

      Delete
  2. semoga cepat dkasih momongan ya ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. . Makasih doanya Kak, doa yang baik akan kembali pada yang mendoakan :)

      Delete
  3. Makasih ya mbak sharingnya. Coz aku 3 bln lagi jadwal hsg juga. Tlg doakan yg terbaik ya. Terbaik u kita semua..para perempuan Indonesia..amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mba. Semangat yaa apapun hasilnya nanti pasti yg terbaik 😊

      Delete
    2. bun boleh tau hsg nya di daerah mana bun?

      Delete
    3. Di Hi-Lab dekat stadion Kotabaru Jogja Mba.

      Delete
  4. Mbak tanya dong,kalau untuk biaya HSG di hi lab brp sktar brp ya.

    ReplyDelete
  5. Mba kalo mau HSG harus dpt surat rujukan dr dokter dlu apa lgsung dtg aja ya ke lab nya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake surat rujukan dr dokter mba. Kan nanti hasilnya nanti juga dikonsulkan dg dokter mba :)

      Delete
  6. Trimakasih mba sharingnya, sekarang sy sedang menunggu hasil HSG, semoga hasilnya baik2 aja y mba.. aamiin..

    Awalnya memang takut tuk hSG, tpi niat lillahi ta'ala pengen punya anak, alhamdulillah gak seserem yg sy bayangkan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Kak. Iya Kak ngilunya blm seberapa dibandingkan melahirkan nanti. Semoga hasilnya baik dan menjadi jalan untuk segera hamil. Aamiin. .

      Delete
  7. Maaf boleh nanya tes hsg nya dirumah sakit hermina bekasi atau bukan,pengjn hsg tpi tkut mkirin biaya kurang.makanya nanya dulu...tolong dijawab ya makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Kak, budayakan membaca sebelum bertanya ya. . Bukan. Sudah saya tulis kok saya HSG di Hi-Lab dg biaya nya 800rb :)

      Delete
    2. kalau mau yang murah di RSIA Muhammadih Taman Puring aja cuma 850rb, aku hari ini HSG disana.

      Delete
  8. Maaf mb mau tanya konsul nya ke dokter siapa ya? Kebetulan ini insyaAlloh mau promil...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dokter spog ke dr Enny Setyo Pamudji (dokter JIH) Mba, dan dokter andrologi ke dr. Dicky (RS Sadewa).

      Delete
  9. dulu saya pernah HsG mbak tp taun 2015 kira2 perlu ulang HSG lagi ga y mb? huhuhuhu soalnya yihay HsG itu

    ReplyDelete
  10. dulu saya pernah HsG mbak tp taun 2015 kira2 perlu ulang HSG lagi ga y mb? huhuhuhu soalnya yihay HsG itu

    ReplyDelete
  11. Assalamualaikum mbk.. mau tanya.waktu di HSG itu ditangani sama dokter siapa ya mbk? Makasih mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam. Pas HSG cuma sama petugas Lab aja macem perawat gitu. Yg baca analisisnya ada dokter dr Lab nya juga tapi saya lupa dr siapa soalnya nggak konsul. Habis itu hasilnya dibawa ke dokter kandungan spog aja

      Delete
  12. Assalamualaikum mbk.. mau tanya untuk HSG di Hi Lab. Apakah ada kemungkinan ditanganj sama laki2. Soalnya kurang nyaman kalau semisal yg menangani laki2. Terimakasih mbk sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam. . Kalo itu mungkin tergantung petugas lab nya. Sebelum HSG coba tanya dulu aja Mbak ke lab nya untuk memastikan petugas HSG nya perempuan atau laki - laki.

      Delete
Post a Comment