read more story

Skenario Tuhan itu Luar Biasa Indah

Welcome Februari and thanks for awesome January :')

Alhamdulillah. . Skenario Tuhan memang sangat luar biasa indah. Dan kelulusan S1 saya adalah kado terindah untuk hari kelahiran saya ke - 24. Kelulusan saya memang sedikit telat karena saya lulus dalam hitungan 5,5 tahun :D. Tapi saya tetap bersyukur karena ternyata ada kebahagiaan yang luar biasa dibalik kelulusan saya yang telat. Hehe.. Saya mungkin bisa saja lulus lebih cepat tapi saya yakin kepuasan dan kebahagiaan yang saya dapatkan tidak akan sebesar yang saya rasakan sekarang.

Januari ini saya ngebut revisi skripsi karena saya memiliki keinginan untuk tidak membayar SPP lagi. Syaratnya adalah ujian skripsi maksimal tanggal 30 Januari 2014. Lumayan kan hemat Rp 540.000,-. Jadi selama 1 bulan ini saya maksimalkan betul waktu saya untuk fokus mengejar ujian. Awalnya saya kurang tapi yasudahlah kalaupun tidak bisa saya sudah berusaha maksimal jadi tidak nyesel - nyesel amat kalau gagal :D. Sebenarnya saya selesai penelitian sudah dari bulan Oktober 2013 lalu, tapi saya baru bisa revisi skripsi bulan Januari. Penelitian saya didanai oleh Fakultas melalui Hibah Penelitian Fakultas tahun 2013. Jadi selama bulan November dan Desember banyak saya gunakan untuk menyusun laporan kemajuan, presentasi laporan kemajuan dan laporan akhir Hibah Penelitian.

20 Januari
Kalau tidak karena percakapan saya dengan Dosen Pembimbing Skripsi  1 ini mungkin saya juga tidak akan sesemangat ini :).

Beliau : "Mbak, saya tidak bisa mengejar untuk yudusium dan wisuda bulan Februari ya mbak!"

Saya   : "Nggeh Bu..." dalam hati saya mbatin "Yaiyalah Bu, mana bisa kan yudisiumnya besok pagi -____-."

Beliau : "Oiya Mbak, biar tidak bayar SPP terakhir ujian kapan? Pertengahan Februari bukan?"

Saya   : "Bukan Bu, terakhir ujian tanggal 30 Januari supaya bebas SPP."

Beliau : "Oo.. Saya kira pertengahan Februari. Yaudah Mbak kalau masih bisa ya dikejar saja!"

Saya   : "Nggeh Bu... *jingkrak2*"

Setelah percakapan itu saya keluar dari ruangan DPS 1 dengan semangat yang meningkat 100%. Haha.. Seneng tapi pusing. Senang karena artinya saya sudah mengantongi ijin untuk Seminar Hasil Penelitian. Pusingnya karena pas saya lihat kalender sudah tanggal 20 Januari artinya saya hanya punya waktu 10 hari untuk Seminar Hasil dan Ujian Skripsi. Mepettttttt banget!

21 - 22 Januari 
Saya sakit. Drop. Tekanan darah naik drastis sampai 140/80. Usut punya usut naiknya tekanan darah ini disebabkan karena saya insomnia selama full 7 hari. Sampe pengen nangis kalau mau tidur tapi susahnya minta ampun. Saking insomnya seminggu itu saya tidak pernah bisa tidur dibawah pukul 02.00 pagi dan paling parah saya baru bisa tidur setelah subuh :(. Setelah 2 hari dan tidur cukup pada malam hari akhirnya tubuh saya kembali sehat.

24 Januari
Saya bertemu lagi dengan DPS 1 saya untuk berbicara jadwal seminar hasil dan ujian.

Saya : "Bu, kalau saya seminar hasil hari senin tanggal 27 dan ujiannya hari Kamis tanggal 30 bagaimana Bu?"

DPS 1 : "Ya bisa Mbak seminar hasilnya dulu saja ya Mbak. Nanti soal ujian liat dulu seminar hasilnya seperti apa!"

Saya    : "Nggeh Bu...."

27 Januari
Alhamdulillah akhirnya hari ini saya melaksanakan Seminar Hasil Penelitian dan acara berjalan lancar dengan peserta yang hadir sebanyak 29 mahasiwa. Terimakasih buat semua teman - teman yang sudah datangggg :'). Seminar hasil itu luar biasa dag dig dug. Yang bikin grogi karena seminar di hadapan banyak teman - teman. Setelah selesai seminar hasil, DPS 1 dan DPS 2 sempat berdiskusi sebentar untuk menentukan apakah saya diijinkan ujian atau tidak. DPS 2 saya akhirnya menyetujui saya ujian tanggal 30 setelah mengetahui alasan saya agar bebas SPP. Hehehe.  Alhamdulillah. Hari itu juga saya mencari penguji yang mau dan bisa menguji saya. Agak panik kalau sampai tidak ada yang bisa soalnya udah H-3 baru mencari penguji  >.<. Dari DPS 1 saya mendapatkan dua nama dosen rekomendasi untuk ujian, satu laki - laki satu perempuan. Berdasarkan kenyaman hati saya memilih dosen yang laki - laki :P. Selepas dhuhur saya menemui calon penguji saya di ruangannya di temani Danar. Setelah obrolan selama 5 menit alhamdulillah beliau mau dan bisa menguji saya. Alhamdulillahhhh terimakasih Bapakkkkk :').Oke fix saya ujian tanggal 30 Januari 2014 pukul 11.00 WIB.

28 Januari 
H-2 sebelum ujian saya gunakan untuk mengurus berkas dan syarat ujian yang lumayan ribet menurut saya. Lebih ribet lagi karena nilai Kerja Lapangan saya belum keluar juga padahal syarat ujian nilai dari semua mata kuliah yang diambil sudah keluar. Maaaakk, salah saya juga sih kenapa ngurus nilai KL sesaat sebelum ujian. H-2 selama seharian saya gunakan untuk menunggu Komisi KL untuk mengurus nilai KL. Tapi sampai sore Beliau tidak juga datang di ruangannya. Yasudah besok lagi *sedih*. Malam harinya saya sms Komisi KL untuk janjian ketemu beliau keesokan harinya. Di sms saya jelaskan panjanggg lebar supaya beliau kasihan pada saya dan nilai KL saya segera dikeluarkan. Hehehe..

29 Januari
Hari ini saya ulang tahun yang ke - 24. Alhamdulillah sudah diberi kesempatan hidup sampai 24 tahun. Tapi saya bener - bener tidak memikirkan ultah, yang penting ujian dulu deh. Panik, grogi, dan dag dig dug. Saya bangun pagi karena ingin ke kampus lebih awal untuk bertemu Komisi Sarjana (buat minta tanda tangan) dan bertemu Komisi KL. Jam 06.00 pagi saya memutuskan untuk mandi meskipun dinginnnnn. Dan saat saya keluar dari kamar datanglah Nadia dan Nabilla membawa surprise cake. Makasih buat surprise cake  ultahnya sistaaaa... xoxo. Sedih ya kayaknya tahun depan kita sudah hidup sendiri - sendiri. Tapi makasih buat kebersamaan kita selama ini, maap kalo banyak salah sama kalian. Love you :*

Muka jelek banget bangun tidur :D

Setelah ngobrol beberapa waktu dengan Nabilla dan Nadia saya mandi dan ke kampus. Saya sampai di kampus jam 08.00. Saya menunggu sampai jam 11 tapi Komisi KL tidak juga datang. Huft, tambah panik. Karena Komisi KL tidak datang - datang saya memutuskan untuk ke TU jurusan mengurus berkas yang lain. Di jurusan saya bertemu dengan Pak Har dan beliau mengatakan kepada saya untuk ngecek nilai KL ke akademik. Wah alhamdulillah nilai KL saya sudah keluar padahal saya belum bertemu Komisi KL. Ternyata nilai KL saya diurus oleh Komisi KL yang baru. Makasih Bu Wenny :). Hari itu, Saya seperti setrika di kampus bolak - balik sana sini. Haha..  Pukul 14.00 semua berkas untuk ujian beresss dan saya bisa pulang kost dengan tenang.

Sorenya saya punya janji bertemu dengan Mas Ares. Mas Ares bawa cake ultah coklat lengkap dengan kartu ucapan pop up sederhana tapi bagus . Makasih yaaaa :***

:)

Sukaaaa banget sama kartu ucapannya :)

Malam harinya, saya banyak berdoa dan menyiapkan mental buat ujian besok.

30 Januari
Dag dig dug menanti saat ujian. Ujian saya dimulai pukul 11.15, terlambat 15 menit dari jadwal. Sebelum presentasi, saya keluar ruangan untuk memberikan waktu kepada DPS1, DPS 2, dan Penguji untuk berdiskusi terlebih dahulu. Saya kembali masuk setelah dipanggil DPS 1. Saya presentasi selama kurang lebih 30 menit. Saya tidak mengalami kesulitan saat presentasi karena materi presentasi yang disampaikan sama seperti presentasi seminar hasil penelitian. Cuma, DPS 1 saya sempat memotong  beberapa kali saat saya presentasi. Nah ini dia yang bikin dag dig dug. Soalnya kalau lagi presentasi terus dipotong dan ditanya ini itu jadi bikin sedikit drop. Saat diskusi yang banyak bertanya juga DPS 1. Agak grogi pas banyak ditanya DPS 1 soalnya tatapan mata beliau itu bikin gimanaa gitu >.<. DPS 2 banyak bertanya tapi ujung - ujungnya dijawab sendiri kalau mentok saya tidak bisa jawab :D. Intinya beliau ingin memberi tahu saya tapi tidak ingin memberikan mentah - mentah, jadi saya ditanya terlebih dahulu supaya saya berpikir dan diberi kode untuk menjawab pertanyaan beliau baru saya diberi tahu yang beliau maksud. Untuk penguji sendiri banyak memberikan masukan terkait redaksi penulisan dan keruntutan penulisan skripsi. Ujian berlangsung selama 2 jam. Selesai diskusi saya keluar lagi untuk memberikan waktu kepada DPS dan Penguji untuk berdiskusi terkait nilai dan banyak SKS untuk skripsi saya. Saya kembali masuk ruang ujian ketika saya sudah dipanggil. Saya duduk di depan menanti hasil ujian.

"Dari hasil ujian hari ini, kami nyatakan ujian hari ini cukup. Mbak Anita dinyatakan lulus dengan bobot SKS sebanyak 5 SKS."

Alhamdulillah... Ya Allah... Saya salamin satu per satu DPS dan Penguji saya sambil mengucapkan banyak terimakasih. Terimakasih sudah bersedia saya kejar - kejar untuk ujian cepat. Terimakasih atas bimbingannya, semoga Allah memuliakan hidup Bapak dan Ibu sekalian :').

Ayok ditebak, yg mana DPS 1, DPS 2, dan Penguji saya???

Plonggg banget rasanya. Senyum lebar mengembang di bibir saya. Senyum saya tambah lebar ketika teman - teman saya datang dan membawa cake surpsise. Terimakasih banyak Nisa, Ami, Danik, Adnye, Ridha, Nadia, May, Dannar, Mbak Riri (makasih juga buat coklatnya mbakkk), Rean, dan Ria. Bu Picko yang gag bisa dateng tapi makasih juga buat doanya. Hihi.. Terharuuuuu :').

Peluk cium satu - satu  :***



Mas Ares dateng juga, makasih buat bunga dan kartu ucapannyanya :*

^_^

Dan skripsi itu bukan melulu tentang hasil yang sempurna. Bukan juga tentang waktu yang tercepat. Skripsi itu adalah proses. Karena proses itulah yang akan kita banggakan dan kita rindukan di masa depan. Dan dari proses itulah saya belajar banyak hal.  Dan saya belajar lebih  untuk mempercayai diri saya sendiri bahwa saya mampu (@nietafirda, 2014).

Terimakasih untuk Januari, bulan yang luar biasa, minggu yang luar biasa, dan hari yang luar biasa. Bahagia sekali ya Allah. Alhamdulillah.. Terimakasih untuk segala Rencana-MU yang terindah. Terimakasih untuk manusia - manusia hebat (Bapak dan Ibu, keluarga, Mas Ares, teman hidup di kost, dan teman - teman sejurusan) yang tak pernah berhenti mendoakan untuk segala kebaikanku. Dan terimakasih untuk segalanya yang terbaik.

Comments