read more story

Akhirnya ganti template blog!

Assalamu'alaikum teman - teman. . 

Akhirnya tampilan blog-ku baru setelah 3 tahun memakai template blog gratisan. Aku sekalian mau sharing tips yang perlu dilakukan nih saat kita memutuskan ganti template. Jadi simak terus ya sampai selesai..

Sebelumnya (dari tahun 2017) aku memakai template blog gratis yaitu Monica Template. Sedangkan template yang sekarang dipakai adalah Noon Template yang aku beli di etsy.

Tampilan ini sudah aku modifikasi dari desain aslinya. Editnya hanya minor kok seperti jenis font, warna background & ukuran blog. 

Supaya lebih cute aku tambahkan banner header. Tidak lupa favicon dan logo back to top-nya juga dibuat serupa. 

Btw desain banner header, favicon dan logo back to top ini dibuatin sama desainer kesayangan aku, Mas Ares. Kalau teman - teman tertarik bisa hubungi Mas Ares via DM instagram

Nah tampilan blog before after-nya seperti ini:

Gimana menurut teman - teman, template yang sekarang apakah terlihat lebih kece? 😆😆😆

Kenapa ganti template blog? 

Alasan utamanya sih karena bosan liat tampilan blog yang udah lama nggak ganti dan terkesan kurang kekinian. Eh pas liat - liat etsy kok ada template blog bagus & pas harganya diskon. Yaudah beli deh.

Harapan lainnya aku jadi lebih rajin posting di blog, secara psikologis apa - apa yang baru pasti bikin semangat kan 😁.

Sebenarnya ada rencana mau sekalian beli domain supaya lebih profesional jadi blogger tapi masih belum yakin bakalan konsisten nulis. Hehe.. 


Katanya ganti template blog bikin trafik menurun, gimana tuh?

Sebelum memutuskan ganti tampilan aku pun mempelajari apa aja dampak negatif dari ganti template. Detailnya sudah banyak dibahas oleh blogger yang lebih paham silahkan teman - teman explore sendiri yaa.

Soal trafik turun memang iya tapi bagiku tidak apa, selama konten kita bagus dan bermanfaat pasti tetap ada yang mau baca. Nanti seiring waktu juga akan balik lagi. 

Wajar juga sih, ibaratnya blog kita itu sebuah rumah lalu tiba - tiba direnovasi tentu mesin pencarian google butuh waktu untuk "kenalan" lagi.

Menurutku asalkan kenyamanan pembaca menjadi lebih baik, ganti template blog worth it untuk dilakukan. 

4 tips ini perlu dilakukan saat ganti template blog

Perkara ganti template emang cukup ribet ya kalau enggak cermat malah bikin tampilan blog jadi berantakan.

So, ini dia tips dari aku untuk menghindari kemungkinan buruk pas ganti template blog.

1. Mantapkan diri

Cuma mau ganti template kok perlu hati yang mantep sih, Nita? Iya teman - teman hal ini penting untuk menghindari gonta - ganti template dalam waktu berdekatan. 

Hal ini akan memperburuk trafik blog di google. Jangan sampai pas udah ganti eh diganti berkali - kali karena tampilannya tidak sesuai keinginan. 

2. Back up adalah koentji

Sebelum ganti template jangan lupa back up 2 perkara yaitu (1) back up template sebelumnya dan (2) back up konten

Hal ini penting banget buat jaga - jaga jika ternyata mengalami kendala agar kita tidak kehilangan konten dan template yang sebelumnya.

3. Uji coba dulu di blog cadangan

Dari pada udah terlanjur ganti template ternyata tidak puas dengan hasilnya lebih baik uji coba dulu di blog lain atau blog cadangan. Caranya buat blog baru lalu import konten dan template yang sudah di back up dari blog asli. 

Blog cadangan ini buat uji coba apakah tampilan dengan template baru sesuai keinginan atau tidak. Kalau sudah mantap baru deh diaplikasikan ke blog yang asli. 

Cara ini juga aku lakukan untuk memodifikasi tampilan blog misalnya mengganti warna background.

4. Pilih template yang responsive dan mobile friendly

Dari hasil statistik 80% pengunjung blog menggunakan perangkat mobile. Blog yang mobile friendly menjadi penting agar pembaca memiliki kenyamanan yang sama seperti membaca di komputer. 

Sedangkan responsive artinya tampilan blog bisa menyesuaikan dengan layar perangkat mobile yang digunakan pembaca. Kamu sendiri tentu tidak nyaman kan membaca blog yang berantakan? 

Biasanya keterangan tentang mobile friendly atau responsive ini ada di deskripsi template tapi ada cara lain untuk cek apakah tampilan blog responsive dan mobile friendly. 

Untuk cek blog mobile friendly atau tidak bisa memakai Situs Pengujian Mobile - Friendly dari Google Search Console. 

Caranya mudah sekalia tinggal masukan alamat blog kita nanti akan muncul hasilnya seperti ini:


Hasil Pengujian Situs Mobile-Friendly Google Search Console


Sedangkan untuk melihat tampilan blog yang responsive atau tidak bisa menggunakan bantuan Responsinator


Tampilan blog pada berbagai ukuran layar perangkat mobile menggunakan Responsinator

Jadi penting sekali memilih template yang responsive dan mobile friendly ya teman - teman. 

Itu dia cerita panjangku soal ganti template blogger. Semoga bisa jadi bahan pertimbangan buat teman - teman yang mau ganti tampilan blog tapi masih ragu - ragu. 😊😊😊


Love,

Nieta Firda.


Comments