read more story

Cara gampang menghasilkan uang berbekal Huawei Nova 3i

Semenjak kuliah, saya mulai akrab dengan dunia jualan. Delapan tahun berlalu, pekerjaan saya tidak berubah. Bedanya sekarang semakin mudah dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Kalau dulu jualan di kampus, sekarang jualan online. Kenapa jualan online? Pertama, dapat menjangkau pelanggan lebih luas. Kedua, hemat karena tidak perlu menyiapkan toko fisik. Ketiga, bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun asalkan punya smartphone.


Banyak proses yang dilewati dan inilah kisah pengalaman jualan online dan tips agar tetap bisa bertahan diantara ketatnya persaingan online shop Indonesia.

Dimulai dari uang saku kuliah yang minim

Saya lima bersaudara dari kedua orang tua yang bekerja sebagai PNS. Penghasilan mereka terasa kecil karena harus dibagi untuk tujuh perut. Uang saku kuliah bulanan saya termasuk minim dibanding mahasiswa pada umumnya. Tekanan ekonomi memaksa saya untuk mencari penghasilan tambahan. Pertama jualan di kampus. Berbekal jabatan sebagai Kepala Biro Kewirausahaan selama dua tahun di organisasi kampus, saya menjadi pemasok jajanan di kantin kejujuran mahasiswa. Selain itu juga jualan baju, jualan donat, jualan minum ketika ada event di kampus, dan lain - lain. Apa saja yang penting bisa menghasilkan uang yang halal.

Ketika teman kampus main ke mall untuk shopping atau nonton film, saya malah bekerja sebagai SPG Bakpia. Awalnya ngumpet kalau ada teman lewat persis di depan booth karena malu. Lama - lama malah saya prospek mereka untuk beli. Kisah jadi SPG Bakpia berakhir ketika memutuskan fokus skripsi karena masa study saya sudah lewat empat tahun. 

Enam bulan kemudian saya lulus dengan predikat sangat memuaskan. IPK yang tinggi ternyata tidak menjamin mendapat pekerjaan yang bagus. Iya saya selalu ditolak saat melamar pekerjaan di perusahaan besar. Mentok cuma sampai tahap psikotes. Analisanya mungkin perusahaan paham kalau saya ini calon pegawai yang "merugikan". CPNS pun hanya tinggal kenangan. Akhirnya saya bekerja sebagai marketing online sebuah distro di kota gudeg. Bertahan satu setengah tahun, saya mantap resign untuk membuat usaha online bareng Mas Ares (calon suami, waktu itu kami belum nikah). Kisah perjuangan usaha kami dimulai dari sini.

Dari iseng jadi bisnis

Awalnya Mas Ares iseng membuat plakat karakter wisuda untuk kado sahabatnya. Dia memang pecinta desain dan kreatifitasnya lebih berkembang dari pada saya. Awalnya sih sempet memandang sebelah mata, setelah tau hasilnya wah ternyata bagus juga. Unik, lucu dan bisa disimpan. Otak jualan saya mulai jalan. Jogja ini kota pelajar. Setiap bulan pasti ada yang wisuda. Pasarnya ada dan besar. Kenapa tidak mencoba jualan plakat wisuda karakter? 

Produk pertama, cikal bakal usaha saya dan suami

Usaha kami dimulai. Berbekal ilmu seadanya, handphone butut, dan komputer tabung besar warisan jaman SMA. Semakin lama, produk yang dibuat bertambah untuk kado wedding, ulang tahun, dan lain - lain. Semua butuh proses, begitu juga jualan online. Dimulai dari omset puluhan ribu sampai akhirnya bisa layak untuk membayar gaji kami berdua dan karyawan. Dimulai dari konsumen di Jogja sampai merambah pasar nasional dan beberapa daerah di luar negeri. Dua tahun berjalan, kami menikah. Sampai sekarang usaha kami masih berjalan dan semakin berkembang.

Rumus jitu agar terhindar dari jebakan persaingan online shop

Tahun 2014, plakat karakter masih terasa asing di pasaran. Tidak seperti sekarang, penjual online dengan produk sejenis sudah banyak bertebaran. Ditambah trick pemain baru yang menjual dengan harga jauh dibawah harga pasar tentu meresahkan kami. Harus susun strategi agar bisa bertahan. 

Pertama, menjaga kualitas produk. Pengalaman konsumen saat membeli pertama kali dengan kedua minimal harus sama bahkan kalau bisa lebih baik. Dengan begitu konsumen tidak akan kecewa. Saat konsumen merasa puas, mereka akan datang lagi untuk membeli. Untuk produk yang mengedepankan desain seperti kami, kualitas desain harus dijaga dan diperbaiki terus - menerus. Perbaikan desain juga harus hati - hati agar ciri khas produk tidak hilang.

Kedua, menjaga hubungan baik dengan konsumen. Kenapa? Karena merekalah sumber uang kita. Hubungan baik dengan konsumen akan mendatangkan kepercayaan. Itulah sebabnya mereka tidak segan untuk membeli ketiga kali, keempat, kelima dan seterusnya. Terlebih maraknya penipuan online shop membuat konsumen enggan membeli ditempat lain yang belum pernah ada pengalaman membeli sebelumnya. Asal kita mampu mengambil hati costumer, pasti bakal balik lagi.

Testimoni yang positif berasal dari kepuasan konsumen, layanilah konsumen dengan baik.

Cara mudah memulai jualan online

Semenjak memutuskan jualan online, banyak teman yang tanya gimana caranya memulai jualan online? Sebenarnya prosesnya panjang, ya semoga penjelasan yang singkat ini cukup membantu. Jika kalian mengalami kesulitan boleh ditanyakan di kolom kementar. Dengan senang hati akan saya jawab sesuai ilmu yang saya miliki.


Pertama, tentukan produk. Jaman sekarang jualan semakin mudah. Adanya sistem reseller dan dropship membuat siapapun bisa berjualan tanpa perlu produksi sendiri. Biasanya paket reseller juga dilengkapi sampel produk. Tipsnya mulailah berjualan produk yang kalian suka misalnya baju jika kalian suka fashion atau buku jika kalian hobi membaca. Tentu penguasaan produk menjadi lebih mudah jika kalian menyukainya. 

Kedua, buatlah foto yang menarik. Foto menjadi kekuatan utama jualan online. Foto yang bagus tetapi tidak over editting akan mempresentasikan produk sebaik aslinya. Pembeli tidak akan kecewa karena produk yang diterima tidak berbeda dengan foto yang dipajang oleh online shop. 

Ketiga, kenali pasarKemajuan marketplace di Indonesia tentu menjadi berkah bagi online shop. Sebelum memilih marketplace, pelajari dahulu jenis konsumen karena masing - masing memiliki karakter yang berbeda. Supaya tidak salah sasaran. Jangan sampai jualan jilbab tapi di marketplace dengan pengunjung mayoritas laki - laki. 

Keempat, memiliki smartphone yang memadai. Namanya jualan online tentu kalian membutuhkan smartphone. Smartphone yang memadai tentu akan membuat jualan online menjadi lebih lancar.  Jika keempat hal diatas dilaksanakan secara konsisten, kalian tinggal menunggu transferan mengalir ke rekening. Nah kalau bagian ini pasti kalian suka!

Jualan online lebih mudah dengan Huawei Nova 3i 

Handphone pertama saya jauh dari kata memadai. Maklum beli bekas karena dana yang terbatas. Jangan sampai kalian mengalami pengalaman tidak menyenangkan seperti saya. Handphone tidak compatible untuk download aplikasi marketplace. Padahal marketplace menjadi jalan paling mudah jualan online. Untuk jualan online juga diperlukan foto dengan kualitas yang bagus. Kalau pakai handphone dengan kamera terbatas seperti handphone jualan pertama saya tentu tidak disarankan.

Bisa dibilang, smartphone yang memadai menjadi modal utama untuk jualan online. Karena itu saya merekomendasikan Huawei Nova 3i bagi siapa saja yang ingin mulai jualan online. Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki smartphone dengan prosesor Snapdragon 710 ini akan membuat pengalaman jualan online menjadi lebih mudah dan menyenangkan.


Empat keunggulan Huawei Nova 3i

Smartphone dengan sistem operasi Android Oreo EMUI 8.2 ini memiliki berbagai keunggulan sehingga layak untuk dimiliki oleh siapapun yang ingin berjualan online. Berikut rinciannya:

Desain Iris Purple-nya yang keren

Perpaduan warna biru dan ungu menjadikan handphone ini memiliki tampilan yang cantik. Desain iris purple-nya yang keren memanjakan mata. Untuk penggiat artwork seperti kami tentu tampilan desain yang keren dari sebuah smartphone menjadi kebutuhan. Meskipun selera itu sesuatu yang sangat personal tapi tampilan smartphone berlayar 6,3 inc ini berhasil membuat siapapun yang melihatnya jatuh cinta.



Memiliki empat kamera yang diperkuat AI

Handphone ini dilengkapi empat kamera sekaligus. Masing - masing kamera dilengkapi dengan lensa ganda. Kamera belakang beresolusi 16 MP + 2 MP dan 24 MP + 2 MP untuk kamera depan. Teknologi Artificial Intelegent di smartphone ini membuat kualitas hasil foto menjadi lebih maksimal. Juga efek bokeh yang sedang menjadi trend fotografi saat ini.

Pekerjaan sebagai penjual online tentu menuntut kualitas foto yang bagus untuk ulpoad katalog produk. Tanpa perlu membeli kamera khusus, hasil foto dari Huawei Nova 3i ini sudah sangat layak untuk dipajang di toko online yang saya miliki. Dengan foto yang menarik pastinya konsumen akan lebih tertarik untuk membeli. Setuju bukan? Teknologi AI-nya juga sangat membantu saya untuk mengorganisir gambar katalog menjadi lebih rapi sesuai tanggal, tempat dan objek.


Storage 128 GB paling besar di kelas smartphone mid-end saat ini

Tidak tanggung - tanggung, smartphone dengan kapasitas RAM 4 GB ini juga dibekali dengan kapasitas penyimpanan data yang paling besar di kelas smartphone mid-end saat ini yaitu 128 GB. Dengan begitu saya bisa menyimpan data costumer, materi desain dan katalog foto lebih banyak di handphone. Selain itu, saat pemakaian terasa nyaman meskipun menjalankan beberapa aplikasi chating atau sosial media secara bersamaan.

Diperkuat dengan GPU Turbo untuk kemampuan gaming

Huawei Nova 3i juga dibekali dengan GPU Turbo yang membuat pengalaman gaming lebih nyaman dan hemat baterai. Teknologi ini juga meningkatkan performa grafis dan kinerja handphone saat digunakan untuk gaming.


Untuk saya, salah satu tantangan jualan online adalah tingkat kejenuhan yang tinggi akibat rutinitas yang sama setiap hari. Penjual online juga manusia, wajar rasanya jika membutuhkan hiburan saat jenuh bekerja. Smartphone ini paket lengkap buat saya, kerjaan oke, gaming juga oke. Saya enggak perlu lagi main game kesayangan, harvestmoon,  di PC.

Spesifikasi lengkap Huawei Nova 3i


Dengan semua keunggulan yang dimiliki, pantaslah Huawei Nova 3i  jadi Smartphone Idaman 2018 bukan?  

Tulisan ini dibuat dalam rangka mengikuti Huawei Nova 3i Blog Competition by Koh Huang#HuaweiNova3i_ID  #ChooseTheBest.


Love,


Nieta Firda

Comments

  1. Memang bener sekarang ini hape jd kunci utama dalam bisnis.
    Dari ngiklan di sosial media sampe nglayanin costumer semua dimulai dari handphone.
    Apalagi sekarang bisnis yg sdh menyasar sampe ke pasar online yg potensial. Hampir 80% kuncinya di handphone.
    Emang bener ini huawei harganya terjangkau tp sdh bisa memenuhi spesifikasi buat bisnis online.
    Kamera yg bisa bikin bokeh buat upload di instagram. Performa yg bagus itu solusi buat nglayanin costumer yg kalo chat rame biasanya bikin hape jd lemot.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mas. Memang handphone jadi kunci utama jualan online. Kalo lemot costumer ngambek dikira slow respon :D

      Delete
  2. Terima kasih ya sudah partisipasi dalam blogging competition. Semoga beruntung ya.. ;)

    ReplyDelete
  3. Makasih koh. Aamiin. . semoga beneran beruntung :)

    ReplyDelete
Post a Comment