read more story

Rela kedinginan demi Golden Sunrise terbaik se-Asia Tenggara (Si Kunir, Dieng)

Rasanya belum bisa move on dari liburan tanggal 17 Agustus lalu. Kami ke Si Kunir untuk melihat sunrise terbaik se Asia Tenggara. Lokasi tepatnya ada di desa tertinggi di Jawa Tengah, Desa Sembungan Wonosobo. Ketinggiannya 2.306 MDPL jangan heran ya kalau dinginnya bikin menggigil.

Berangkat dari Jogja pukul 09.00, pertimbangannya biar santai perjalanan karena hari Jumat. Estimasi waktu sih cuma 4 jam. Sengaja berangkat pagi sekalian mampir ke wisata yang lain. Mumpung bisa liburan rame - rame, dipuasin.

Mampir wisata 1, Posong - Temanggung

Oiya kami lewat rute Jogja - Magelang - Dieng. Pas jam 11.00 kami sampai di alun - alun Temanggung untuk sholat jumat. Lanjut perjalanan kami mampir foto di Posong. Sebenernya sih ini bukan tempat wisata tapi kebun kentangnya orang jadi gratisan. Haha. . Pemandangannya bagus banget ada view Gunung Sindoro. Aku jadi inget game harvestmoon, serius deh ini mirip banget. Rumah kecil di pojokan, kebun luas ditanemin kentang dan belakangnya gunung.

Mampir wisata 2, Kebun Teh Tambi, Wonosobo

Kami makan siang di wonosobo dan sekalian ke Kebun Teh. Lagi - lagi bukan lokasi wisata resminya jadi gratisan lagi deh. Sempat kesasar juga dan begitu dapet view kebun teh yang ciamik langsung gercep buat foto.

Jangan lupa bawa jaket tebel, dinginnya dieng sampai 9°C

Begitu sampai Dieng, kami mampir sholat Magrib dan Isya di Masjid Jami' Baiturrohman di Jalan Telaga Warna. Ini pengalaman pertama aku ngrasain suhu ekstreem. Dingin banget, apalagi pas wudhu berasa dibasuh air es. Tangan langsung kaku, kaki berasa beku dan susah nafas.

Oiya di sepanjang Jalan Telaga Warna rame banget warung tenda, warung kopi dan toko yang jualan sarung tangan. Kami mampir buat beli minuman hagat dan sarung tangan. Disini banyak penjual makanan kaya pop mie, jagung bakar, siomay, dan makanan berat. Bisa dibilang pusatnya kuliner dan toko. Semua orang kumpul disini.

FYI toko dan warung disini menjual dengan harga wajar. Kan biasanya barang - barang di lokasi wisata harganya 2x lipat. Salut deh buat pengelola wisata disini.

Penginapan hemat, tidur di mobil aja

Sampai si Kunir udah malem jam 22.00. Sengaja enggak cari penginapan soalnya nanggung jam 03.00 harus naik ke Si Kunir. Disini ada lapangan besar buat parkir mobil dan ada danau yang pinggirnya bisa buat camping. Sepanjang jalan menuju kesini juga banyak penginapan. Tinggal pilih aja mau tidur di mobil, camping pinggir danau, atau di penginapan. Fasilitasnya ada toilet dan warung. Mushola ada tapi enggak terawat. Ada toilet air hangat juga. Ada satu mobil ambulans juga yang standby.

Jam 03.00 kami bangun dan siap - siap. Oiya saranku mending wudhu dulu biar sampai puncak tinggal sholat aja di mushola. Soalnya buat wudhu di puncak antri banget. Biar bisa ikut sholat di kloter pertama dan langsung cari lokasi buat liat sunrise.

Track si Kunir menurut aku masih ringan sih soalnya udah ada tangga - tangga. Enggak begitu jauh juga jalannya. Kira - kira 30 menitan kalau normal. Pas rame banget kaya kemaren bisa lebih soalnya antri.

Yang bikin berat itu dingin sama debu yang tebel banget. Wajib pakai masker apalagi yang punya riwayat ashma. Jangan kaget pas liat celana sama jaket semuanya penuh debu ya.

Saran aku jangan lupa saling tunggu kalau rombongan. Adek aku sempet ilang dan ternyata dia turun enggak kuat naik ke puncak. Terus pakai sepatu dan ati - ati soalnya temenku Deni kakinya cidera gara - gara nginjek paku. Kalau udah capek berhenti aja dulu jangan maksa.

Di puncak tuh rame banget. Harus rebutan cepet - cepetan buat dapet spot foto yang bagus. Mungkin pas liburan 17 Agustus juga sih orang - orang pada kesini.

Perjuangan terbayar, sunrise Si Kunir the best

Nungguin matahari. Rasanya tuh lama banget soalnya gelap dan dingin. Suasanya syahdu semua orang nungguin matahari dateng.

Begitu mulai muncul, langit langsung berubah dari gelap jadi kuning. Langit dan puncak gunung mulai keliatan. Semua orang takjub melihat keindahan ciptaan-Nya. MasyaAllah cantik banget deh. Matahari makin naik, suasana makin berwarna kuning dan hangat. Itulah kenapa namanya Si Kunir. Enggak salah deh kalau spot sunrise di desa tertinggi di Jawa Tengah ini dijuluki golden sunrise.

Turun dari puncak berdesakan lagi

Pas turun ternyata lebih lama soalnya selain antri turun juga papasan sama orang yang baru mau naik. Debunya juga ekstra berterbangan. Aku ambil beberapa foto pas turun, rame banget!

Jangan lupa mencicipi klentang item dan nasi goreng kecap khas Si Kunir

Pas turun akhirnya ketemu sama Pini, adek aku, yang ilang dan dia nungguin di warung kopi. Alhamdulillah. . Kami juga pencar jadi 2 rombongan. Sambil nunggu temen yang lain, sarapan nasi goreng dan ngemil klentang item. Nasi goreng ala kadarnya cuma bumbu kecap garem sama daun bawang. Kalau klentang item itu kentang kecil yang dibumbu semur. Makannya buru - buru soalnya cepet banget dingin berasa makan nasi keluar dari kulkas.

Segitu aja cerita liburan aku di Si Kunir. Makasih udah mau baca. Kalau ada pertanyaan boleh ditulis di kolom komentar yaa :)

Love

Nita.

1. Bulan lalu aku ke Dieng juga mbaaak, tapi sedih banget pas sampe puncak gak bisa liat golden sunrise gegara ketutup awan semua. hiks hiks, bisa liat foto-foto dari sini lumayaaan lah bisa ngerasain dari orang lain hahaha

1. Wah sayang sekali ya Kak. Semoga mengobati kecewanya :D

2. Ga salah dijulukin si kunir... cantik banget. Thanx foto2 & infonya

1. Sama2 kak. Iya, kalau lihat aslinya lebih cantik :)

3. Krn aku ga kuat panas, makanya ga banyak kota di Indonesia yg jd favoritku. Makanya tempat2 dingin seperti dieng udh pasti jd kesukaan bangeeeettt. Pas kesana 2013, suhu malah drop sampe 3 dercel mba. Tapi aku seneeeeeeng. Beneran berasa Kayak eropa kalo pas musim gugur hahahaha.

Dan sunrise sikunir memang cantiiiiiik. Aku mau banget balik ksana lg kapan2 :)

1. Aduh kaya apa dinginnya mbak, pas saya 9dercel aja udah bikin susah nafas. Aku suka si kunir tapi kalo inget ramenya jadi males mau balik lagi mbak. Huhu. .

Tapi kalo Diengnya saya juga suka dan pengen balik lagi :). Boleh yuk Mbak barengan :D

4. Selama ini suka ngejar sunrise di bukit-bukit dan gunung, tapi Sikunir tetap yang paling keren, soalnya dulu pas datang kesana pas di momen terbaik. Dan viewnya cerah banget kaya di foto mbak. Asyiknya lagi, dulu Sikunir masih sepi, di puncak cuma ber7 aja, puas banget poto-potonya hehehe. Sebenarnya pengen ke Sikunir lagi, tapi males bayangin ramenya.

Oya, itu kentang semurnya Dieng favorit saya banget hehehehe.

1. Wah asik banget di puncak cuman ber7. Pas saya kesini mau cari tempat aja susah, apalagi saya pendek udah pasti ketutup orang2 yg berdiri di depan saya :(

Mungkin kalo pas enggak musim liburan enggak serame itu ya mbak. Tapi mau balik udah males duluan haha.

Iya Mbak, kentang semurnya unik ditempat lain enggak ada, khas dieng banget :)