read more story

#Jadibisa pesan tiket kereta api tercepat via Traveloka (dengan fitur Passenger QuickPick)



Yang suka jalan – jalan mana suaranya?
Salah satu hal yang paling penting ketika bepergian adalah transportasi. Untuk saya yang mudah mabuk saat perjalanan jauh pasti sudah uring – uringan dahulu saat memikirkan naik bis atau mobil. Belum berangkat saja kadang perut sudah mual duluan.

Terus kalo pergi – pergi naik apa? Naik kereta dong! Transportasi kesayangan saya sejak jaman kuliah dulu.

Untungnya jaman now pesan kereta jauh lebih mudah dibandingkan jaman dulu. Kalau saya sih sudah langganan beli tiket kereta api via aplikasi smartphone yaitu Traveloka. Semua orang pasti sudah tau ya kalo Traveloka adalah e-commerce yang menyediakan jasa pembelian tiket kereta api, tiket pesawat, hotel, pulsa dan paket internet serta tiket rekreasi.

Kita bisa mengakses Traveloka melalui website maupun aplikasi. Kalau saya lebih memilih aplikasi karena lebih praktis dibandingkan website. Aplikasi Traveloka bisa didownload melalui Play Store seperti download aplikasi lainnya.

Beruntung ya sekarang jaman sudah serba canggih dan cukup dengan jari bisa pesan tiket kereta api. Praktis sekali! Selain praktis dan mudah, Traveloka juga memiliki fitur khusus yang membuat costumer semakin cepat dalam memesan tiket.

Ya! Betul sekali. Fitur itu adalah Passenger QuickPick. Dengan fitur ini, kita tidak perlu lagi mengisi data penumpang yang sama setiap kali memesan. Cukup satu kali isi data diawal, tinggal pilih kemudian. Selain praktis dan mudah, tentu fitur ini membuat pemesanan tiket kereta api via Traveloka menjadi lebih cepat. Seneng deh karena tidak perlu lagi lihat KTP untuk mencontek nomor identitas diri.

Dibawah ini adalah simulasi langkah pemesanan tiket kereta api via aplikasi Traveloka:

1. Buka aplikasi Traveloka lalu pilih menu Tiket Kereta Api
Ini dia tampilan depan aplikasi Traveloka, simpel sehingga memudahkan kita untuk memilih menu sesuai kebutuhan. Pilih menu "Tiket Kereta Api' ya!

2. Masukan Stasiun asal dan tujuan
 
Ini adalah tampilan menu "Tiket Kereta Api". Masukan nama stasiun asal dan stasiun tujuan. Kalau kita hafal kode stasiun akan lebih cepat karena dalam satu kota terdapat beberapa pilihan stasiun. Disini saya memilih Stasiun Yogyakarta sebagai stasiun awal dan Stasiun Kebumen sebagai stasiun tujuan.

3. Pilih kereta api  yang sesuai
Setelah memasukan stasiun awal dan tujuan maka akan mucul pilihan kereta api yang tersedia lengkap dengan harga, waktu berangkat dan tiba, serta jenis kereta api (Kereta api bisnis/eksekutif/ekonomi). Disini saya memilih kereta api jenis ekonomi Wijayakusuma dengan harga Rp 50.000 dan jam keberangkatan 09.30 WIB.

4.Isi data penumpang
Ini adalah data pemesan sesuai dengan data yang kita masukan ketika membuat akun di aplikasi Traveloka. Selanjutnya kita isi data penumpang dengan nama dan nomor identitas (kalau saya pakai KTP).

Ini dia tampilan Passenger QuickPick fitur khusus yang membuat pesan tiket via Traveloka menjadi lebih cepat. Data yang pernah kita isi sewaktu pertama kami memesan tiket akan tersimpan otomatis. Praktis sekali bukan? Kita tidak perlu lagi berulang - ulang isi data  dan nyontek nomor identitas di KTP. 

Selain cepat, fitur Passenger QuickPick ini juga sangat memudahkan ketika kita ingin memesan tiket untuk anggota keluarga. Misalnya jika saya ingin pesan tiket yang kedua kalinya untuk Ayah saya, dengan fitur Passenger QuickPick, saya tidak pelu telfon Ayah saya untuk minta nomor identitas KTP yang panjang dan sulit dihafal.

Tinggal pilih nama selesai deh! Akan muncul data penumpang seperti gambar dibawah ini. Kalau kita salah klik nama tinggal dirubah saja dengan nama yang benar.


5. Pilih kursi

Selanjutnya kita tinggal memilih kursi sesuai dengan selera. Kalau saya suka duduk di pinggir jendela sambil baca buku atau mendengarkan musik.

6. Pilih metode pembayaran

Ini adalah tampilan review pesanan. Jika sudah sesuai lanjutkan ke pembayaran dan jika belum sesuai bisa kembali ke halaman sebelumnya untuk merubah pesanan.

7. Bayar sesuai petunjuk
Metode pembayaran pemesanan tiket via Traveloka ada beberapa pilihan. Yang saya pilih adalah pembayaran via ATM BNI. Akan tertera nominal, kode bank dan 3 digit kode unik untuk memudahkan proses verifikasi jika kita sudah melakukan transfer pembayaran.  Oiya notifikasi pembayaran ini juga akan masuk ke email dan sms sesuai data akun Traveloka kita. 

8. Selesai!
Nah jika kita sudah selesai melakukan pembayaran maka pihak traveloka akan mengkonfirmasi otomatis E-Tiket dan kode booking untuk mencetak tiket di stasiun nanti. Gambar diatas adalah contoh pemesanan yang sudah selesai dari history pemesanan saya yang lama.  

Dan ini adalah tampilan history E-tiket lama dari  pemesanan tiket kereta api yang sudah kita lakukan. Sewaktu - waktu bisa dilihat kembali karena history pemesanan otomatis akan tersimpan.

Sudah jelas kan? Sekarang saya sudah tidak perlu bingung lagi untuk memesan tiket kereta api yang tercepat karena Traveloka memberikan apa yang saya butuhkan. Terimakasih Traveloka.

Comments