read more story

Bukit Pengilon, surga di selatan Yogyakarta



Yogyakarta dan pesona alamnya memang tak ada habisnya. Kali ini saya menjelajah wilayah selatan Yogyakarta, Bukit Pengilon, yang berada di timur Pantai Siung tepatnya di Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul.

Berjarak dari pusat Kota Yogyakarta sekitar 77 Km dan saya tempuh selama 3 jam menggunakan sepeda motor bersama suami tercinta (ciee). Ada dua akses jalan masuk menuju Bukit Pengilon, yang pertama dari jalan utama dan kedua susur bukit melalui Pantai Siung. Jika kalian menggunakan mobil sebaiknya parkir di Pantai Siung lalu berjalan kaki menuju Bukit Pengilon. Jalan utama menuju Bukit Pengilon hanya dapat ditempuh melalui motor karena jalan yang sempit (hanya muat 2 motor) dan ada beberapa area jalan yang jika berpapasan dengan motor lainnya salah satu harus mengalah berhenti terlebih dahulu.

Saya belum pernah susur bukit via Pantai Siung tapi mungkin jalannya lebih jauh dibandingkan melalui jalan utama. Pun lewat jalan utama hanya terbatas sampai ke parkiran yang disediakan warga sekitar. Perjalanan selanjutnya berjalan kaki kurang lebih 20 menit.

Oya medan yang dilewati saat berjalan kaki tidak jelek dan tidak juga terjal jadi gak masalah ya kalaupun harus pake kostum seadanya. Btw sewaktu saya kesini sepi sekali dan hanya ada saya dan suami saya. Seru sih. . Berasa milik berdua kan jadinya. . Hehe. .





Setelah berjalan kaki 20 menit, kami sampai pada spot selfie diatas Pantai Banyu Tibo.


Sebelum mencapai puncak bukit, ada pemandangan yang bagus sekali. Setelah melewati jembatan, kita akan sampai di hamparan bukit dengan pemandangan pantai sejauh mata memandang. Pokoknya keren banget! Gak menyesal deh jauh – jauh datang kesini.





Di puncak Bukit Pengilon anginnya kencang sekali disini, siap – siap deh baju dan jilbab berterbangan.




Nah kalau kalian pengikut akun instagram yang membahas wisata Yogyakarta pasti gak asing kan dengan spot foto dengan kursi ditengah padang rumput ini? Sayang sekali sewaktu saya datang padang rumput tidak menghijau karena sedang musim kemarau.


Oya di sekitar bukit ada beberapa warung dan juga toilet umum yang disediakan oleh warga sekitar. So, tidak perlu khawatir jika kalian ingin datang disini. Warga sekitar sangat ramah dengan para pengunjung dan bisa jadi teman ngobrol jika kalian berkunjung kesini. 

How to get there?
Akses pertama dari Kota Yogyakarta menuju pantai Siung - lalu susur bukit via Pantai Siung. Akses kedua dari jalan utama pantai Siung masih ke timur lagi - sampai ketemu papan petunjuk Bukit Pengilon - ikuti jalan sampai ke parkiran - jalan kaki sampai lokasi bukit.

How much the ticket?
Hanya bayar parkir kalau tidak salah ingat Rp 4.000,-. 

Ketika kalian pergi jelajah alam, jangan lupa untuk selalu menjaganya demi kelestarian alam Indonesia ya gaes ^^

Comments

Post a Comment