read more story

Senja di Hutan Mangrove Congot, Kulon Progo


Hutan Mangrove Congot

Penasaran dengan wisata yang sedang hits di kalangan anak gaul masa kini, Hutan Mangrove Congot, membuat saya, suami dan dua rekan saya tertarik datang kesini. Perjalanan sepanjang 53KM kami tempuh dari Yogyakarta selama 90 menit. Akses jalan bagus dan lokasi hutan tidak jauh dari jalur selatan. Sangat mudah ditempuh menggunakan motor/mobil dan sudah disediakan tempat parkir yang memadai.

Oya saya kira sebenarnya Hutan Mangrove bukan lokasi wisata melainkan wilayah konservasi pantai. Untuk menarik pengunjung dibuat jembatan bambu diatas sungai sepanjang hutan dan juga disediakan beberapa gazebo dan ayunan diantara pepohonan. Hutan Mangrove ini dikelola oleh masyarakat sekitar. Cukup membayar Rp 5.000 dan parkir kita sudah bisa menikmati alam hutan mengrove. Supaya gak kepanasan datanglah sewaktu pagi/sore.


Harus antri buat dapet foto di ayunan ini 

Jembatan yang dibuat dari segi keamanan kurang memadai menurut saya. Sebaiknya tidak mengajak anak kecil deh kalau datang kesini. Kalau kebetulan papasan dengan pengunjung lain jembatan lumayan goyang dan miring.

Pegangan jembatan cuma satu sisi aja, lumayan horor :(

Ada banyak tambak udang disekitar kawasan hutan. Sayangnya wilayah disekitar tambak udang sedang konflik dengan pemerintah karena rencana pembangunan Bandara Kulon Progo.

Tambak Udang

Asiknya datang sewaktu sore selain tidak panas juga bisa dapat bonus pemandangan senja yang manis untuk berfoto ria.


Langit senja 





How to get there?
Dari Yogyakarta menuju kulon progo melalui jalur kota - setelah sampai di Temon ambil jalan menuju jalur selatan (pertigaan di pojok ada pos polisi) - masuk jalur selatan ikuti jalan ke arah barat - lihat kiri jalan sampai ketemu papan petunjuk bertuliskan "Hutan Mangrove" - masuk gang sampai ke lokasi.


How much the ticket?

Tiket retribusi sebesar Rp 5.000,- dan parkir motor Rp 2.000, parkir mobil Rp 5.000.

Tips!
Datanglah pagi/sore supaya tidak kepanasan. Puncak keramaian weekend sore hari, rame sekali dan banyak papasan dengan pengunjung lain sampai jembatan goyang dan miring.

Tertarik datang kesini? Jangan lupa jaga kelestarian alam dengan tidak merusak apapun dan tidak membuang sampah sembarangan yaaa. Kalau kamu datang berwisata dan merusak alam lebih baik diam dirumah saja yaa ^^v

Comments