read more story

Bukit Pentulu Indah, Kebumen Punya



Untuk kamu yang sedang pulang ke kampung halaman di Kebumen, ataupun yang sedang berkepentingan di kota tercinta Kebumen dan memiliki waktu luang cobalah berpetualang di pesisir utara tepatnya di Desa Heppii, Karangsambung. Yap benar sekali, ada wisata baru bernama Bukit Pentulu Indah yang sedang hits itu lhoooo. .

Di bukit Pentulu Indah ini kita akan mendapatkan dua pemandangan sekaligus. Yang pertama hijaunya bukit sepanjang mata memandang dan kedua teduhnya hutan pinus. Pemandangan disini mirip sekali dengan Kali Biru di Kulon Progo dan hutan pinusnya mirip sekali dengan Hutan Pinus Imogiri. Hanya beda sedikit karena pohon pinus disini tergolong masih muda, tidak sebesar dan setinggi di Imogiri.

Ditempuh kurang lebih 60 menit dari pusat kota Kebumen. Bisa dijangkau baik menggunakan motor ataupun mobil. Sudah disediakan juga area parkir untuk motor dan mobil. Akses jalan sudah beraspal tapi ada beberapa yang rusak dan berlubang. Hati-hati yaa!

Papan petunjuk menuju pentulu Indah

Akses jalan menuju Pentulu Indah

Perjalanan wisata saya kali ini ditemani adek tercinta, Anggi. Kebetulan doi sedang libur sekolah dan pengen jalan-jalan sama Kakaknya ini. Perlu hati-hati ketika menaiki bukit ini karena belum ada tangga buatan. Licin terlebih setelah turun hujan  so jangan salah pakai sandal yaa. Niat biar eksis habis eh malah terpeleset sana - sini :D

Pintu masuk Pentulu Indah

Belum ada tangga buatan, hati-hati licin!

Seperti yang sudah saya ceritakan diatas, disini kita akan mendapatkan pemandangan hijaunya bukit dan teduhnya pohon pinus. Sewaktu saya datang cuaca mendung, sayang sekali ya :( 

Langitnya tidak terlalu cerah 


Si Bontot yang gedenya udah sama kaya Kakaknya

Yang paling membuat saya semangat datang kesini adalah rumah pohonnya. Maafkan dua anakmu ini ya Bu, bajunya sih anggun pakai rok tapi pecicilan naik rumah pohon. Disini ada 3 rumah pohon, yang tengah khusus dipakai oleh pengurus yang bisa diminta tolong untuk mengambil foto kita. 

Naik-naik ke rumah pohon. Tinggi, takut sekali






Disini juga disediakan ayunan dan gazebo untuk istirahat/berteduh.

Abaikan pose alay saya yaa. Hihi



Jangan lupa mampir ke kantin warga yang disediakan. Warungnya hanya warung tenda sederhana. Ada es kelapa muda dan beberapa camilan yang bisa dipesan.


How to go there?
Rutenya: alun alun kebumen - Jalan HM. Sarbini - Jalan. Karangsambung - Pasar Karangsambung - LIPI - lihat petunjuk di pinggir jalan (tulisannya Wisata Alam Pentulu Indah) - ikuti jalanan naik sampai ke Parkir Area.

How much the ticket?
Waktu saya kesini belum ada tiket retribusi karena wisata ini masih baru dan masih di kelola oleh warga dan pemuda sekitar. Saya cuma bayar Rp 10.000 untuk jasa foto di rumah pohon.

Tips!
Datanglah sewaktu weekday supaya tidak perlu antri untuk foto dirumah pohon dan bisa lebih puas berada di rumah pohon. Sebaiknya datang sewaktu cuaca cerah untuk mendapatkan pemandangan yang bagus. 

Saya bangga deh jadi warga Kebumen punya wisata alam yang keren. Semoga wisata Kebumen semakin maju. Oya jangan lupa menjaga kelestarian alam dengan tidak membuang sampah sembarangan yaaa.

Nieta Firda

Comments