read more story

Sepenggal Keceriaan Kerja Lapangan

Hey hey hey.... 
Apa kabar Sobat? Lama tak bersua dan kali ini saya akan membagikan cerita wisata saya ketika Kerja Lapangan di Cipanas, Jawa Barat. Saya KL di Balai Penelitian Tanaman Hias Cipanas. Jam kerja hanya 5 hari dalam seminggu (hari Senin-Jumat). Setiap hari Sabtu saya dan teman2 saya akan berkeliling kota dan hari minggu saya gunakan untuk hibernasi di kost :D

Saya KL di BALITHI bersama 3 teman saya yaitu Molly, Dannar, dan Mba Fitri. Kami berempat ngekost di Perumahan Pegawai di dekat tempat KL. Tidak perlu ongkos angkot cuma jalan kaki 2 menit sudah sampai di tempat kali KL. Secara kebun tempat kali KL cuma dibelakang rumah :D


Satu hal yang sangat berkesan bagi saya adalah begitu banyak kisah dan cerita tak terlupakan selama 45 hari berada di Cipanas. Mulai dari kebiasaan perang "BOM" antara saya dan Molly di kost, kena tipu waktu jalan - jalan, kami ber4 sakit bergantian, sampai kisah Mba Fitri dilabrak sama istri pegawai gegara disms suaminya.. Hahaha. . Singkat tapi berkesan itulah yang saya gambarkan selama KL. Dan yang tidak kalah menarik adalah wisata yang saya datangi setiap minggunya. Dan selama 45 hari saya mengunjungi 6 wisata di Cipanas, banyak juga ternyata. Hehe

1. Survey KL

Sebelum KL, saya dan Molly survey ke BALITHI untuk melengkapi administrasi syarat KL, berkenalan dengan pembimbing KL dan sekalian cari kost.

Gerbang depan BALITHI

Narsis mumpung masih pagi (padahal belum mandi haha)

Selesai survey kami agak kebingungan mau nginep dimana, ditawari penginapan disekitar BALITHI tapi sepi dan hororrr ditambah lagi hujan deresss (T_T). Akhirnya kami memutuskan nekad ke Bandung. Keesoka paginya kami jalan - jalan berkeliling FO di Bandung. Nekadnya lagi kami berdua naik motor padahal kami tidak tau jalanan disana. Ah, Molly emang super nekad. You're rock!


2. Taman Bunga Nusantara

Jalan - jalan di minggu pertama KL masih komplit berempat. Di TBN isinya bunga warna - warni yang dibentuk lucu2. Ada danaunya juga lohhh


3. Kebun Raya Cibodas
Sewaktu ke Kebun Raya Cibodas Molly tidak ikut, kalau tidak salah dia ada perlu di Jogja untuk KRSan. Yang menarik di sini adalah kebun buah petik strawberri. Ada sungai dan air terjun juga.


4. Little Venice

Dari sekian banyak tempat wisata, ini yang menurut saya paling keren. Serasa di Venicia sodara - sodara :D

5. Green Apple 
Ini wisata spesial karena jalan - jalan kali ini disponsori oleh Ibu Kost :D. Di Green Apple tidak begitu menarik, cuma bisa foto2 dengan bangunan perumahan yang unik. Ada taman bermainnya tapi tidak terurus. Lagi - lagi Molly tidak ikut karena dia liburan sendiri di TSB.  


6. Puncak dan Tlaga Warna
Rasanya tidak afdol ya kalau berkunjung ke Cipanas tapi tidak mampir Puncak. Tujuan kali ini adalah ke Masjid Atta'awun, kebun teh, dan Tlaga Warna. Di Masjid Atta'awun banyak spot bagus untuk foto, ada sungainya juga. Sedangkan di Tlaga Warna selain ada air ada monyet juga :D

7. Hiking ke Cibodas
Waaaahhh ini jalan - jalan paling ekstrem bayangkan aja dari kost jalan kaki sekitar 2 jam untuk sampai ke Cibodas. Kata Ibu Kost cuma deket paling 30 menit dan orang2 disana biasa melakukan hal ini. Dan ternyata jauuuh tidak seperti yang Ibu Kost ceritakan. Dan Ibu Kost bilang kalo jalan kaki masuk pintu belakang gratis tapi ternyata ada karcisnya juga -____-
Jalanan sangatttt sepi sampai2 kami foto2 guling di tengah jalan. Ada curug yang bagus dan airnya seger. 
Oiya, kami sempat berdebat loh dengan petugas karcis. Dan saya jadi tumbal untuk merayu petugas, awalnya ber4 disuruh bayar 24 ribu jadi 15 ribu :D

Oh iya, sebenarnya saya dan Molly maksa Bu Ida untuk menerima kami kost di rumah beliau. Bu Ida orangnya baik sekali, kami dapat harga murah dan kebetulan beliau usaha catering dirumah jadi bisa sekalian nebeng makan. Apalagi 1x makan cuma diminta 5rb doang apapaun lauk dan sayurnya. Ah Ibu, paling ngerti sama kita :'). Dan menu vorit saya adalah nugget ayam dan sop ala Bu Ida dengan wortel utuh tanpa dipotong2 kecil. Awalnya agak aneh makan sop kok wortelnya utuh begini, tapi lama2 jadi suka juga. Bu Ida punya 3 anak laki - laki. Yang paling besar namanya Dicky dan paling ganteng. Haha... Adiknya Aldi dan Uip. 


Si Ichi peliharaan Uip

Oiya, untuk  tempat2 wisata yang saya kunjungi akan saya review di postingan selanjutnya. Sampai jumpa :)


Comments