read more story

Serba serbi Seserahan ala Yogyakarta



Seperti yang sudah saya ceritakan kemarin kalau lamaran disertai seserahan dengan pertimbangan efisiensi waktu. Permintaan dari keluarga besar calon suami supaya sekalian dan gak bolak-balik. Karena calon saya orang Yogyakarta jadi saya mengikuti tradisi untuk seserahan seperti pakaian yg tidak bisa saya beli sesuka hati. Untuk barang seserahan ini kebanyakan  saya pilih sendiri terutama untuk barang-barang keperluan pribadi. 

Rinciannya:
1.    Mahar
Mahar yg sudah disepakati berdua beserta keluarga, alat sholat. Btw ini saya beli bulan Juli 2015 lalu. Ceritanya persiapan nyicil jauh hari. Agak “dimarahin” karena saya beli mukena motif sama keluarga calon suami. Kalo saya sih  beli barang yg saya suka aja. Biar bisa pakai dengan perasaan bahagia :D

2.    Perhiasan
Perhiasan lengkap berupa cincin, gelang, kalung dan  anting. Kalau yg ini mengikuti tradisi di lingkunga tempat tinggal saya. Istilahnya sebagai pengikat kedua calon penganten dan tanda keseriusan.

3.    Uang
Uang diberikan sebagai tanda “jadi” dan keseriusan orang tua dari pihak lekaki kepada orang tua pihak perempuan. Jumlahnya tidak ada ukuran tergantung kemampuan masing-masing.

4.    Pakaian adat lengkap
Nah kalau yang ini saya nurut sama keluarga Mas Ares kecuali baju kebaya yang saya pilih sendiri. Ada jarit sidomukti, korset, dan stagen. Filosofinya bahwa laki-laki yang datang melamar mampu memberikan nafkah sandang.

5.    Pakaian muslim
Yang ini Cuma tambahan aja soalnya pas belanja liat gamis lucu jadi beli deh :D

6.    Alat makeup
Kalau ini saya pilih sendiri sesuai dengan make up yang saya pakai. Sayang aja kan kalo beli make up tadi gak dipakai.

7.    Perlengkapan mandi lengkap
Yang ini juga saya pilih sendiri ada sabun, odol, sikat gigi, lulur, shampo, conditioner, parfum, handuk dan pakaian dalam.

8.    Pemesing
Pemesing ini berupa sarung  dan jarik yang akan diberikan kepada kakek/nenek yang masih hidup.
9.    Buah
10. Gula dan teh
11. Ketan manis dan gurih
12. Pisang ganep











Semoga bermanfaat untuk teman-teman yang sedang cari referensi seserahan.

Comments