read more story

Liburan menantang Pantai Menganti, Kebumen


Pantai Menganti

Sebenarnya mau liburan atau tantangan ya? Sebut saja liburan setelah melewati tantangan. Kali ini perjalanan liburan saya ditemani oleh Nisa, sahabat saya. Sedikit nekad dan modal berani untuk memenuhi janji saya membawa dia ke Pantai Menganti. Terimakasih Nisa perjalanan seru-nya dan tangan hitam saya sebagai oleh-oleh (lupa pakai sarung tangan), padahal esok harinya saya lamaran -___- 

Pantai ini sangat dikenal karena keindahan pemandangannya. Track yang tidak mudah menuju satu pantai bernama Pantai Menganti ini memang menjadi tantangan tersendiri.  Bukan jalanan yang terjal bergelombang melainkan jalanan berbukit  yg penuh tikungan dan naik-turun. Kurang lebih ditempuh selama 2 jam dari Kota Kebumen untuk sampai ke Pantai Menganti. Sayangnya sepanjang perjalanan saya tidak sempat foto-foto karena terlalu fokus dengan rute jalan yang ekstrem.

Pantai Menganti terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Rute menuju Pantai Menganti hanya bisa dilalui menggunakan kendaraan pribadi. Belum ada transportasi umum karena medan yang sulit dijangkau. Dari Kota Kebumen ambilah jalur menuju Pantai Karangbolong lalu dlanjutkan perjalanan ke barat sampai menemukan Desa Karangduwur. Di pertigaan ada papan petunjuk ke selatan menuju pantai Menganti, jalur ke barat menuju cilacap. Tidak disarankan memakai motor matic karena banyaknya tanjakan tajam dan panjang.

Sepanjang jalan akan banyak ditemukan spot-spot indah dan cantik untuk berfoto. Setelah 35KM perjalanan sampailah kami di Pantai Menganti. Pantai ini dipenuhi dengan karang jadi jangan membayangkan untuk berenang disini ya. Di bibir pantai akan banyak dijumpai perahu nelayan. 


Naiklah ke bukit menuju Kanjung Karangbata melalui jalan yang sudah disediakan untuk mendapatkan pemandangan Samudra Hindia dari atas. Ada pemandangan Pulau Karang khas sekali yang dapat dinikmati disini. 

Menara mercusuar khas Pantai Menganti

Tanjung Karangbata

Pulau Karang

Cuaca yang cerah dan teriknya matahari terbayarkan dengan lukisan alam yang luar biasa indah. Kami berdua menyewa gazebo untuk menikmati sejuknya angin pantai dengan tarif Rp 10.000,- sepuasnya. Sayang sekali waktu kami datang tidak ada penjual kelapa muda diatas bukit. 

Penampakan Gazebo yang bisa disewa



Kami salah kostum pakai hitam-hitam 

Disini banyak spot yang bagus untuk berfoto ria. Pantai Menganti ini juga salah satu tempat favorit bagi calon pasangan pengantin untuk melakukan sesi pre-wedding.









Seperti surga yang tersembunyi ya?
Tertarik untuk kesini? 
Sudah dulu ya cerita saya kali ini. Sampai jumpa di cerita seru selanjutnya :)


Comments