read more story

Berkunjung ke Kebun Raya Cibodas

Pintu masuk Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas adalah tempat wisata kedua yang saya kunjungi sewaktu Kerja Lapangan di Cipanas. Waktu itu saya berkunjung ke KRC bersama Dannar dan Mba Fitri, Molly tidak ikut karena dia sedang ada urusan di Jogja. KRC ini terletak di komplek Hutan Gunung Gede Pangramo, Desa Cimacan, Pacet, Cianjur. Dari informasi yang saya dapatkan, KRC ini didirikan oleh Johannes Elias Teijsmann pada tahun 1852 dan merupakan cabang dari Kebun Raya Bogor. 

Saya menuju KRC menggunakan angkot jurusan Kebun Raya Cibodas dari pasar Cipanas. Kalau tidak salah ongkos naik angkot Rp 3.000,-. Jarak KRC dari Cipanas juga tidak terlalu jauh, naik angkot sekitar 20 menit sudah sampai. Fasilitas disini juga memadai mulai dari parkir yang luas, toilet, mushola, pendopo, camping ground dan kafe. KRC seluas 80 hektar ini memiliki beberapa taman maupun air terjun yang jaraknya berjauhan satu sama lain. Sangat saya sarankan berkeliling KRC menggunakan mobil. Kalau cuma naik angkot seperti saya jadi terbatas tempat wisata yang bisa dikunjungi karena di KRC tidak disediakan angkutan keliling. Angkot hanya bisa mengantarkan saya sampai ke depan pintu masuk selebihnya jalan kaki (anggap saja olahraga hehe).

Wisata KRC ini sangat cocok bagi Sobat yang ingin berwisata alam dan merasakan keramahan serta keindahan alam Indonesia. Harga tiket masuk murah sekali hanya Rp 9.500,- per orang. Di KRC saya dan teman - teman saya mengunjungi Air Terjun KRC, Taman Lumut, Taman Sakura, Taman Rhododendron, dan Kebun Petik Strawberry. Di taman lumut ini untuk pertama kalinya saya melihat tanaman Bunga Bangkai. Sayang sekali lupa untuk ngambil foto. Ada juga green house yang tidak saya kunjungi karena tidak menarik alias green house tidak terawat. 

Ini foto - foto hasil narsis saya dan teman - teman. Jeprat - jepret modal kamera handphone jadilah penampakan di bawah ini :D

Menuju Taman Rhododendron

Istirahat dulu ah, capekkk >.<

Di Taman Rhododendron

Menuju Taman Sakura lewat lorong rahasia :D

Melihat Taman Sakura dari atas

Sayang sekali sakuranya sedang tidak mekar

Di sungai dekat Taman Sakura, airnya jernih dan dinginnnn

Ini air terjun KRC yang menjadi favorit pengunjung, tapi menurut saya biasa saja sih. Masih lebih bagus Air Terjun Sri Gethuk dan Grojogan Sewu

Di Kebun Petik Strawberry, awas ya jangan kalap metik strawberrynya!

Jalan yang bagus diantara pepohonan

Menuju pintu keluar, Bye KRC...

Yang ini foto mekso. Lihat saja punggung payung kering. Kan sayang sudah membawa payung tapi tidak digunakan. Yasudah, untuk foto saja. Haha :p

Demikian Sobat perjalanan wisata saya di Kebun Raya Cibodas. Alam Indonesia itu sangat indah dan perlu di lestarikan. Semoga saya bisa berkunjung ke semuuuua kebun raya yang ada di Indonesia. Oiya, sebenarnya saya mengunjungi Kebun Raya Cibodas 2 kali. Yang kedua saya berjalan kaki dari kost menuju Air Terjun Ciismun di Kebun Raya Cibodas melalui pintu belakang. Cerita seru ini akan saya ceritakan di postingan cerikutnya yaaa. Salam Magenta :)

Comments