read more story

Tips Mengatur Uang Beasiswa

"Horayyy aku dapat beasiswa"

Itu kata pertama yang keluar dari mulut saya ketika tercantum nama Anita Firda Wardani di daftar penerima salah satu beasiswa di kampus saya. Dan pertanyaan selanjutnya adalah untuk apa ya uang beaiswanya??? Bayar kuliah, makan, bayar kost, beli buku, beli baju #eh, dan lain lain. Beasiswa ibarat rejeki nomplok buat mahasiswa tingkat menengah seperti saya. Tapi namanya juga gratisan jadi ya saya pikir wajar kadang beasiswa ditransfer tidak sesuai jadwal. Menyebalkan sih ya, apalagi kalau telat transfer disaat banyak kebutuhan. Arghhhh. Tapi jangan khawatir sobat magenta, saya punya tips nih untuk mengatur uang beasiswa. Simak baik - baik yaaaaaa :)


1. Jangan pernah mengandalkan beasiswa

Loh?? Kok bisa?? Iya! Jangan pernah berpikir seperti yang saya lakukan seperti "Bulan agustus kontrak kost habis, eh kan ada transfer beasiswa, bisa bayar kost pake uang beasiswa". Iya kalau pas bulan agustus lancar jaya transfer beasiswanya nah kalau telat?? Ngalamat didepak ya sama bapak kost :D
Mengandalkan sesuatu yang belum kita terima itu banyak bikin kecewanya lohhh, so dari pada pusing mending disiapkan sebaik - baiknya tanpa mengandalkan beasiswa.

2. Gunakan beasiswa sebijak mungkin

Sering ya ada godaan semacam ingin membeli hp baru, tv, baju, atau sejenisnya ketika dapat beasiswa. Nah kalau sudah begini namanya penyalahgunaan dong! So gunakan sebijak mungkin ya, apalagi kalau sumber beasiswa dari negara. Ya itung - itung tanggung jawab deh dan berusaha jadi warga negara yang baik.

3. Jangan lupa nabung

Tempo transfer beasiswa berbeda satu sama lain. Rata - rata sih setiap 3 bulan sekali. So, ketika uang beasiswa sudah ditangan, atur sebaik mungkin. Dan jangan serta merta menghabiskan uang beasiswa (mentang - mentang gratis) tapi sisihkan sebagian uang yang kita terima untuk ditabung dan digunakan ketika ada keperluan di bulan berikutnya. Terlihat sepele tapi akan sangat membantu ketika ada keperluan mendadak loh sobat!

4. Penuhi persyaratan

Jika lembaga pemberi beasiswa yang bersangkutan meminta laporan nilai kamu tiap semester, jangan sampai lupa yaaaa. Gak mau kan beasiswa dicabut gara - gara lupa kirim transkip nilai?? 

5. Jangan lupa bersyukur

Tuhan memang akan memberikan kita rejeki dari banyak jalan. Jangan lupa bersyukur ya atas apa yang kamu dapatkan. Dan tingkatkan prestasi agar bisa dapat uang beasiswa di tahun berikutnya. 

Semoga bermanfaat ya sobat magenta, boleh lho share pengalaman serupa dengan saya. Salam hangat :)


Comments