read more story

Tips Merawat Adapter Laptop

Salam hangat sobat magenta, kali ini saya akan membagi tips merawat adapter laptop supaya awet. Pengalaman pribadi nih, ceritanya pas saya lagi sibuk2nya penelitian dan BeTe abis gara2 adapter laptop mati total. Secara adapter laptop eror di saat yang penting dan genting T_T

Awalnya adapter laptop terasa sangat panas ketika digunakan dan tiba2 adapter mati total. Wah, panik saya. Setelah bertanya sana sini akhirnya saya berencana untuk membeli adaptor baru dan toko yang recomended untuk beli adaptor adalah di Pusat Bateray Laptop Jalan Kaliurang Km 5,8, Kentungan, Yogyakarta. Tepatnya di sebelah barat lampu merah kentungan (lampu merah yang selatan loh ya, bukan yang barat, timur, ataupun utara :D).

Awalnya cuma niat langsung beli adapter, tapi kata pegawai di situ di cek dulu adapternya siapa tau bisa diperbaiki (di situ juga menerima service adapter).

Nah, setelah di cek ternyata penyebab kerusakan adapter mati total adalah adapter sering dipanjer secara terus menerus. Wah, saya ceroboh ya sodara sodara, saya sering lupa mencabut adapter dari jek listrik setelah selesai mengecas bateray laptop... Hihi... Karena adapter saya sudah tidak bisa diperbaiki, so salah satu jalan keluar beli adapter baru. 

Setelah banyak berbincang2 dengan sang ahli service adapter, ada tips nih untuk menjaga adapter laptop supaya awet:
  1. Jangan lupa mencabut adapter dari aliran listrik setelah selesai digunakan. Kalau lupa, konsekuensinya adapter akan teraliri arus listrik terus menerus dan dalam jangka panjang akan menyebabkan adapter menjadi sangat panas dan mati total (seperti yang saya alami sodara sodara).
  2. Jangan langsung menggulung kabel adapter setelah digunakan, biarkan beberapa menit agar adapter kembali dingin. Jika langsung digulung, adapter masih dalam keadaan hangat dan akan menyebabkan kabel adapter menjadi tidak mulus alias bergelombang.
  3. Jangan menunggu baterai sampai benar2 kosong untuk di charger. Logikanya, adapter akan bekerja lebih keras saat baterai benar2 dalam keadaan kosong (kata tukang servicenya begonoh).
  4. Jika menggunakan adapter dalam keadaan laptop tetap menyala, jangan lupa langsung mencabut adapter dari jek listrik ya kalau baterai sudah full 100%.
Nah, sekarang sudah tau kan kesalahan2 yang bisa bikin adapter cepet rusak. So, jangan lakukan hal2 yang pernah saya lakukan ya. Sayangi laptop kita seperti menyayangi diri kita sendiri (Lebay). Semoga bermanfaat ya sobat magenta. Sampai jumpa lagi *Cring Menghilang*

Biaya service adapter:
- Paket kilat 1 jam jadi Rp 100.000
- Paket regular Rp 60.000

Harga adapter baru:
- Original + Rp 400.000
- KW 1   + Rp 200.000
- KW 2   + Rp 90.000


Comments

  1. No one routes for the evil villan who's run off with the hero's beau, same
    applies to a site that's been stuck in Google's naughty corner.

    But unfortunately not every request will get approved. * Page
    SEO: Your page is optimized by various means which include, choosing the
    right keywords, placing them right, adding anchor text linking,
    adding call to action in various places on the page.

    ReplyDelete
Post a Comment